Malaysia Bentuk Satuan Khusus Selidiki Mega Korupsi 1MDB

Sorotkasusnews.net-Malaysia : Pemerintah Malaysia dilaporkan telah membentuk gugus tugas khusus yang akan menyelidiki para individu yang kemungkinan terlibat dalam pengelolaan dana negara 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

Gugus tugas yang akan mencakup badan anti-korupsi, polisi dan bank sentral, juga akan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menyita aset yang diperoleh menggunakan dana yang diduga dicomot dari badan yang didirikan pada 2009 oleh mantan Perdana Menteri Najib Raza.

“Gugus tugas ini juga akan bertanggung jawab untuk melakukan kerjasama dari berbagai lembaga penegak hukum di Amerika Serikat, Swiss, Singapura, Kanada dan negara-negara terkait lainnya,” kata kantor Perdana Menteri Malaysia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (21/5).

Terkait dengan kasus 1MDB, tokoh oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim sebelumnya menyatakan dia telah berbicara dengan Mahathir Mohamad mengenai hal ini. Di mana dia menegaskan agar pemerintah yang baru dapat mengikuti proses hukum yang benar dan mendesak Mahathir untuk tidak mengulangi apa yang dilakukan Najib terhadap dirinya.

“Saya tegas dan saya telah berbicara dengan Tun Mahathir beberapa hari yang lalu untuk mengikuti jalur hukum, jangan menekan, jangan menghukum sebelum penyelidikan tuntas. Jangan ulangi apa yang mereka (pemeritahan Najib) lakukan kepada saya,” ucap Anwar.

Dia lalu memberikan pesan kepada Najib untuk turut mengikuti proses hukum yang ada dan segera mencari pengacara terbaik yang dapat membantu pembelaan dirinya di pengadilan mendatang. (Net)




Tinggalkan Balasan