Mahasiswa KKN UIN Suska ikuti Penyuluhan Pertanian dan Peternakan Oleh Satgas TMMD Dumai

SOROTKASUSNEWS.NET-Bertempat di Aula SMPN 17 Kota Dumai di jalan Rajawali gg Camar RT 10 Kelurahan Kampung Baru Kec. Bukitkapur Satgas TMMD ke 102 Kodim 0320/Dumai bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai mengadakan penyuluhan pertanian dan peternakan.

Hadir pada kegiatan penyuluhan sekitar 40 warga kelurahan kampung baru dan 16 Mahasiswa dari IAIN Taufiqu Fiddin Dumai dan UIN Suska Pekanbaru. Tim penyuluh dari DKPP hadir Ibu Herina Nasrun sebagai Kabid Penyuluh dan Akmaluddin sebagai Kasi Produksi. Sementara dari Kodim 0320/Dumai hadir Pasiter Kodim Kapten Arh M.I Daulay.

Akmaluddin sebagai penyuluh peternakan pada penyuuluhan ini memberikan materi tentang ternak sapi.
Pada materinya Akmaluddin menyampaikan tentang bagaimana cara beternak sapi untuk menghasilkan susu sapi dan menghasilkan daging sapi, juga disampaikan tentang jenis sapi, cara mengkawinkan sapi dan proses inseminasi buatan untuk sapi serta Cara menentukan umur sapi yang produktif.

Maraden salah seorang Mahasiswa UIN Suska Pekanbaru yang sedang melaksanakan KKN menyampaikan,”kami sebagai Mahasiswa sangat senang sekali bisa mengikuti penyuuluhan ini, karena ini bisa menjadi bekal kami apabila kami terjun ke masyarakat. Maraden juga mengapresiasi kegiatan TMMD yang tidak hanya mengerjakan sasaran fisik namun juga ada sasaran non fisik berupa penyuuluhan, ungkap Maraden.

Pada sesi terakhir diadakan tanya jawab, warga yang mengikuti kegiatan penyuluhan antusias memberikan pertanyaan kepada penyuluh, salah satu warga yang bertanya adalah tentang pakan ternak yang baik untuk menghasilkan sapi yang besar.

Harapan dari tim penyuluh Ibu Herlina menyampaikan bahwa apa yang disampaikan oleh penyuluh bermanfaat bagi masyarakat dan apabila ada kendala dalam beternak sapi Ibu Herlina menyampaikan agar tidak segan untuk berkomunikasi dan koordinasi dengan DKPP Kota Dumai ( Liza )




Tinggalkan Balasan