Ini Dia…Sepak Terjang Harmen Rusdi Sang Visioner Saat Jadi Kadis Koperasi Dan UKM Prov.Jambi

SOROTKASUSNEWS.NET-Pertama dilantik sebagai Kadis Koperasi dan UKM Provinsi jambi 7 Agustus 2017, Harmen langsung menyusun program kerja Strategis berdasarkan Program Jangka Pendek, Menengah dan Panjang secara Multiyears dalam masa 4 Tahun Pemerintahan Jambi Tuntas.

Hal di lakukan Harmen karena di Tingkat Nasional OPD ini dinilai Vakum.Selama ia menjadi Kepala Dinas OPD ini Ia membuat Program dan Perestasi di antaranya :

1. Merevisi dalam rangka singkronisasi   Rencana Strategis OPD dengan Tema kegiatan ” Jambi TUNTAS Menuju Masyarakat Sadar Koperasi ( GEMASKOP ) 141.

2. Program Prioritas ”  Terwujudnya Satu Kecamatan, Satu Koperasi Berkualitas dan Berprestasi”

3. Menetapkan Tema Pelayanan Publik ” CERIA ” akronim dari ”  Cerdas Efisien; Ramah, Ikhlas dan Akutabel.

4.Mendirikan Bank Data secara swakelola dan Validitas Data Kopersi dengan Onlie Data Sistem (ODS)

5. Menata kembali manajemen tata ruang perkantoran, lingkungan  dan pelayanan Publik sekretariat meliputi di semua Bidang Tehknis.

6. Meningkatkan transparan, gairah kerja  dan disiplin termasuk tertib perjalanan dinas dalam dan luar daerah

7. Meningkatkan program penataan kearsipan,  Informasi dan publikasi dalam rangka gerakan masyarakat sadar koperasi.

8. Meningkatkan kerjasana yang baik dengan OPD Kabupaten/Kota dan se semua OPD teknis yang berkompeten.

Keinginan Harmen Rusdi membuahkan hasil yang sangat gemilang.Kendatipun diberi kesempatan cuma 1 Tahun memimpin OPD Koperasi Provinsi Jambi, nama OPD ini sempat melejit dan langsung populer, seperti terbangun dari tidur yang panjang bahkan kantor ini sejak dipimpin Harmen Rusdi menjadi ramai dikunjungi masyarakat, bahkan kita juga merasa  bangga dengan interior kantor yang nyaman untuk kerja. 

Beliau memang seorang Visioners , perancang dan pekerja dan berkemauan  keras, beliau sanggup kerja siang dan malam, bahkan kita yang keteteran ikut beliau, namun apel pagi tetap hadir,  demikian pengakuan Tabri, salah satu staf yang sempat dimintai pendapatnya. 

Sepak terjang Harmen Rusdi, membuahkan hasil. Berikut ini setumpuk prestasi yang telah diukir Harmen selama satu tahun memimpin koperasi :

1. Berhasil mendirikan Koperasi baru sebanyak 88 unit yang berbasis sektor riil seperti Karet, Sawit, Kopi, Kayumanis, Kentang, Tomat, Bawang, serai dan koperasi pemasarannya.

2. Intensitas Rapat Anggota Tahunan RAT meningkat dari 29.09 % meningkat menjadi 36, 57 % berdasarkan koperasi aktif.

3. Meningkatnya jumlah koperasi , sehat dan berkualitas, sebelumnya hanya 10 unit dan meningkat menjadi 47 unit di tahun 2018.

4. Terpenuhinya kontrak kerja ( Fakta integritas ) tahun 2017 dengan  serapan anggaran pada : Kegiatan phisik sebesar 99.7 % dan serapan keuangan sebesar 96. 57 % .

5. Berhasil melakukan peningkatan -peningkatan akses permodalan bagi Koperasi dan Ussha Kecil dan Menengah yaitu ;  Penandaan tanganan MUYU dan PKS  dengan LPDB  ( 19 November 2017 di Surabaya )  sebesar 200 Miliar

6. Meningkatkan jatah untuk program Wira Usaha Pemula yaitu meningkat dari 35 WP di tahun 2017 menjadi 100 WP untuk Tahun 2018, sebesar Rp 13.500.000 / WP semuanya adalah hibah alias bukan kredit atau gratis.

7. Meningkatnya jumkan penerima Sertifikat Hak Atas Tanah ( gratis ) dari 1000 persil di tahun 2017 meningkat menjadi 2500 persil untuk Tahun 2018.

8. Inisiator HARKOP PERTAMA TINGKAT PROVINSI  di Kabupaten Kerinci September 2018.

Untuk prestasi yang di raih untuk tingkat Nasional pun di capainya,di antaranya

1. Bersama OPD Koperasi Kota Sungai Penuh berhasil meraih prestasi OPD KOPERASI DAN UKM TERBAIK TINGKAT NASIONAL ( Tahun 2017 )

2. Bersama OPD Koperasi Kabupaten Kerinci, Merangin dan Muaro Bungo Berhasil meraih  3 penghargaan sekaligus kategori KOPERASI BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL Tahun 2018 di BSD Serpong Tanggerang, 12 Juli 2018

3. Tiga Besar Nasional SERAPAN ANGGARAN APBN  tertinggi Tingkat  Nasional dengan capaian 97. 68 % Tahun Anggaran 2017.

4. Sebagai Inisiator REVITALISASI SMESCO INDONESIA di Jakrta.

5. Penataan kembali GALERY UNGGULAN JAMBI di SMESCO Indonesia pada posisi yang Strategis.

6. Inisiator Smesco, ” Jambi TUNTAS VESTIFAL pada bulan Oktober 2018.

Saat ditanya apa harapan ke masa yang akan datang, dengan santai beliau menjawab
“Insha Allah menjadi amal jariah buat saya. Saat mengakhiri obrolan singkat kita serentak berucap, Amin, “,pungkas Harmen Rusdi ( Ric )




Tinggalkan Balasan