Marak Karhutla Di Karya Indah, Danramil Tapung Gelar Rapat Bersama Perangkat Desa

SOROTKASUSNEWS.NET-Tingginya intensitas cuaca panas belakangan ini menyebabkan mudah terjadinya kebakaran lahan dan hutan diwilayah Kampar khususnya Wilayah Desa Karya Indah Kec. Tapung.

Menyikapi hal tersebut Danramil 16/Tapung Kapten Inf Taufik Sihombing mengajak aparatur Desa khususnya Wilayah Desa Karya Indah melaksanakan rapat untuk mensosialisasikan tentang upaya pencegahan dan penanggulangan karlahutla.

Sosialisasi ini, dilaksanakan pada hari Rabu Pagi (15/08/1018) dan dihadiri oleh Kepala Desa Karya Indah, Babinsa Karya Indah, Bhabinkamtibmas Desa Karya Indah, Manggala Agni, MPA Desa Karya Indah, Aparatur Desa Karya Indah serta Pemuda Karang Taruna Desa Karya Indah.

Dalam hal ini Kepala Desa Karya Indah, Muhammad Ali memberikan sambutan dan arahan kepada Masyarakat Desa Karya Indah anggar lebih tanggap dengan himbauan pemerintah untuk mencegah terjadinya Karhutla dan Efeknya terhadap lingkungan.

Beliau juga mengajak seluruh Aparatur RT, RW dan Kadus diwilayah kerja Pemerintahan Desa Karya Indah untuk bersinergi dalam menyikapi dan menanggulangi persoalan Karhutla di Desa Karya Indah.

Ali mengatakan, “salah satu teknisnya, bisa kita lakukan juga dengan pemasangan spanduk himbauan larangan karhutla diwilayah RT masing – masing.” Ungkapnya.

Disamping itu Danramil 16/Tapung Kapten Inf Sihombing juga menyampaikan
“Agar Aparatur RT dan RW mendata pemilik lahan khususnya lahan tidur agar pemiliknya bertanggung jawab menjaga lahannya dari bahaya kebakaran, dan jika terjadi kebakaran ikut membantu penanggulangannya serta jika ada Unsur kesengajan dan kelalaian bersedia diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.” Tegas Danramil 16/Tapung.

“Selanjutnya setiap Perangkat desa hendaknya Memasang Pamflet ataupun Spanduk guna himbauan larangan membakar lahan dan hutan dan ikut berpartisipasi untuk kegiatan Patroli Karlahut.” Imbuh Koramil 16/Tapung.

Selain mengumpulkan Ketua RT dan RW Kadus Desa Karya Indah, Danramil 16/Tapung dan Polsek Tapung telah memasang Police Line dilokasi kebakaran yang berada di Jalan Riau Ujung Desa Karya Indah Kecamatan Tapung guna diproses hukum lebih lanjut.

“Saya Berharap tidak ada lagi lahan yang terbakar sesuai Instuksi dan Perintah Dandim 0313/Kpr, karena tidak lama lagi Asian Games akan berlangsung di Indonesia. Jangan sampai, saat berlangsungnya Asian Games ini kita tercetus sebagai penyumbang asap.” Ucap Komandan Rayon Militer 16/Tapung.(Liza)




Tinggalkan Balasan