Selain Remisi, Napi Rutan Rengat Berharap Bantuan Modal

SOROTKASUSNEWS.NET-Untuk pemberdayaan  narapidana (Napi) dalam konsep pembinaan menjadi terampil sehingga  kelak dapat berguna ditengah Masyarakat sepulang dari Rutan butuh dukungan permodalan Sarana prasarana (sapras).

Konsep pembinaan daya guna itu dikatakan Kepala rumah tahanan (rutan) Kelas II B Rengat Indragiri Hulu (Inhu) Bejo Sukirman disela pemberian remisi umum HUT RI ke 73, Jumat (17/8/2018).

Sebab menurut Bejo Sukirman, sumber daya manusia (SDM) para Napi Rutan kelas II B Rengat untuk berkarya dibidang perbengkelan atau menjahit tidak dapat tersalurkan karena kurang sarana prasarana.

“Pak Wakil Bupati yang kami hormati, perlu saya beritahukan bahwa tenaga skill dan SDM para Napi disini bisa kita andalkan tapi sayang permodalan untuk buat bengkel atau menjahit hendaknya bisa dibantu,” ucap Sukirman.

Sedangkan Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting SIk membacakan amanah Kemenhumhan RI tentang pemberian resmi umum kepada Napi mengatakan hukuman penjara kepada Napi adalah bahagian dari ‘perampasan’ hak Kemerdekaan, tapi hanya secara fisik dengan tujuan pembinaan.

Secara simbolis Wakil Bupati Inhu H Khairizal MSi menyerahkan SK remisi kepada ratusan Napi.

“Akan kita coba anggarkan tahun depan, yang terpenting kondisi keuangan mendukung termasuk di DPRD,” sebut Wabup Khairiza menjawab permohonan Kepala Rutan.

Turut hadir Sekdakab Ir Hendrizal, Ketua DPRD Miswanto, mewakili Ketua PN Rengat Immanuel Sirait, SH, mewakili Kajari Inhu Beny Yarbert, SH, Upika dan para kepala OPD Pemkab Inhu.

Usai giat penyerahan remisi umum rombongan Muspida meninjau kondisi rutan yang overload ( Skn/Riau )




Tinggalkan Balasan