Dandim 0313/KPR Terjun Langsung Padamkan Api di Kawasan Hutan Bukit Suligi

SOROTKASUSNEWS.NET-Lebih kurang 20 hektar hutan dan lahan serta kebun kelapa sawit milik masyarakat di kawasan Bukit Suligi areal Kulim Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ludes terbakar.

Dalam proses pemadaman, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto meninjau langsung ke lokasi kebakaran hutan dan lahan yang berada di Coordinat 0°29’30”, 100°37’38”,317 tersebut.

Kedatangan Dandim 0313/KPR yang juga ikut memadamkan api dan meninjau lokasi kebakaran disambut dengan semangat oleh seluruh anggota satgas yang terlibat. Dandim juga memberikan semangat bagi personil TNI dan Polri yang berjibaku dalam memadamkan api.

”Saya minta, tolong disosialisasikan kembali kepada masyarakat kita tentang larangan membakar lahan dan hutan”, ungkap Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto kepada personil yang hadir dalam memadankan api, Senin (20/08/2018).

”Sampaikan kepada masyarakat kita, bahwa membakar lahan dan hutan tidak boleh dilakukan”, pungkasnya.

Dandim 0313/KPR juga meminta kepada personil TNI dan Polri dari Koramil 08/Tandun dan Polsek Tandun agar selalu aktif melakukan Patroli. Sebab, bangsa Indonesia saat ini sedang melaksanakan Asian Games.

”Saya berharap kepada personil TNI dan Polri untuk selalu melakukan patroli bersama, dimana, saat ini bangsa kita sedang melaksanakan Asian Games”, harap Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto.

Proses pemadaman terkendala karena sulitnya lokasi yang berbukit‎. Selain cuaca panas, tiupan angin yang cukup kencang juga menyulitkan petugas melakukan pemadaman. ‎Karena sulitnya lokasi Karlahut dijangkau, petugas berkoordinasi dengan BNPB Provinsi Riau, meminta bantuan pemadaman dilakukan melalui udara dengan water bombing menggunakan helikopter, sebab lokasi sulit dijangkau, dan sumber air sulit saat ini. Akhirnya kebakaran hutan dan lahan dapat dipadamkan pukul 16.00 wib.(Liza)




Tinggalkan Balasan