Korem 031/Wb Gelar Giat Asistensi Penatausahaa Dan Aplikasi Simak BMN Kemkeu RI Triwulan III TA.2018

SOROTKASUSNEWS.NET-Bertempat di Aula Makorem 031/Wirabima Jalan mayor Ali Rasyid No.01 Pekanbaru Korem 031/Wira Bima menggelar Kegiatan Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi Simak BMN Kemkeu RI Triwulan III TA. 2018.

Tujuan giat ini untuk memberikan gambaran khususnya kepada para operator Simak BMN di satuan masing-masing sehingga pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dapat dilakukan secara baik dan benar serta tertib administasi,Rabu (29/08/18)

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kasilog Korem 031/WB Kolonel Czi Heriyana Susanto tersebut diikuti oleh masing-masing pejabat logistik dari satuan Jajaran Korem 031/Wira Bima, Korem 032/Wirabraja dan Korem 033/Wira Pratama.

Dalam sambutan Danrem 031/Wira Bima yang dibacakan Kasilog Korem 031/Wira Bima menyampaikan kepada para peserta kegiatan pengawak/operator Simak BMN di satuannya masing-masing agar dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Jika ada hal-hal yang belum jelas agar ditanyakan langsung kepada pemateri sehingga materi yang disampaikan dapat dimengerti serta dipahami untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas, sesuai dengan mekanisme dan administrasi yang berlaku serta terhindar dari kesalahan fatal yang dapat merugikan satuan”, ujarnya.

Kasi Log Juga menjelaskan, “Sebagaimana kita ketahui bahwa laporan keuangan TNI AD merupakan wujud pertanggungjawaban keuangan atas pelaksanaan angaran serta aset negara yang menjadi tanggung jawab TNI AD sebagaimana telah diatur dalam peraturan menteri pertahanan RI nomor 4 tahun 2016 tentang sistem akuntansi dan pelaporan keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI, dimana Angkatan Darat wajib membuat dan mengirimkan laporan keuangan tingkat eselon 1 kepada Kementerian Pertahanan RI”.ujarnya

“Untuk mewujudkan laporan keuangan yang transparan, akuntabel dan dapat di pertanggungjawabkan perlu didukung dengan neraca laporan BMN yang akurat dan valid yang dihasilkan dari aplikasi simak BMN”, tambah Kasilog

“Pada konteks ini neraca BMN TNI AD yang dihasilkan dari aplikasi simak BMN mempunyai kontribusi yang sangat baik atas kualitas laporan Keuangan RI yang akan dinilai oleh BPK RI untuk mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (wtp)”,pungkasnya.

Kegiatan yang sudah berlangsung selama dua hari ini berjalan dengan aman dan lancarakan ditutup pada sore ini pada pukul 15.00 WIB.(Liza)




Tinggalkan Balasan