Bea Cukai Tembilahan Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

SOROTKASUSNEWS.NET-Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Andrian Siregar diwakili oleh Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Iwan Andoko sebagai Narasumber dalam acara Sosialisasi dan Asistensi Terkait Wawasan Kebangsaan bagi pegawai pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan, bertempat di Aula Sri Gemilang Lantai 2 Kantor Bea dan Cukai Tembilahan.

Pada acara tersebut Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Iwan Andoko menyampaikan kepada seluruh peserta tentang pengertian ”Wawasan Kebangsaan” yaitu suatu kesamaan cara pandang ke dalam dan ke luar dari suatu bangsa mengenai berbagai permasalahan di bidang Ipoleksosbudhankam dengan segala dimensinya yang variable jumlahnya tidak terhingga.

Pasi Ter juga menjelaskan makna dari Wawasan Kebangsaan diantaranya mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi ataupun golongan.

Tanda-tanda kehancuran suatu bangsa dan negara apabila tidak berperannya Ideologi sebagai pemersatu bangsa, konflik elit yang berkepanjangan, krisis ekonomi yang tidak terselesaikan dan bangkitnya semangat tribalisme yang berlebihan (pudarnya wawasan kebangsaan & nasionalisme) serta hancurnya soliditas angkatan bersenjata.

Selanjutnya Kapten Inf Iwan Andoko menjelaskan, kita sudah mengetahui bahwa ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, tidak membiarkan pelanggaran kecil yang justru berpotensi jadi besar yang dapat menimbulkan permasalahan dilingkungan.

Dengan kepedulian sejak dini maka setiap gejolak yang mungkin timbul dapat di antisipasi dengan tepat dan benar serta tidak melanggar aturan hukum yang berlaku, papar Pasi Ter Kodim 0314/Inhil (Liza)




Tinggalkan Balasan