Kodim Dumai Peringati Tahun Baru Islam 1440 H

SOROTKASUSNEWS.NET-Kodim 0320/Dumai peringati Tahun Baru Islam 1440 H/2018 M yang dipimpin Kasdim 0320/Dumai Mayor Inf Hasan Ibrahim, pada Kamis (13-9-2018) di Masjid Al Firman Kodim 0320/Dumai Jl. Sutan Syarief Kasim Kel. Sukajadi Kec. Dumai Kota Dumai.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Perwira, Bintara, PNS Kodim 0320/Dumai, Persit dan Masyarakat di sekitar Masjid Al Firman.

Sambutan Dandim 0320/Dumai dibacakan oleh Kasdim 0320/Dumai Mayor Inf Hasan Ibrahim.

Dandim menyampaikan peringatan Tahun Baru Islam ini, bukanlah sekedar kegiatan seremonial semata, akan tetapi untuk menggali hikmah yang terkandung di dalamnya, sebagai makna yang strategis bagi kehidupan umat Islam termasuk kehidupan sebagai prajurit.

Hijrah berhubungan erat dengan yaitu loyalitas dan kecintaan sebagai manifestasi yang paling penting dalam kehidupan prajurit.

Sikap prajurit dalam memberikan rasa kesetiaan dan pembelaan terhadap tetap tegaknya kedaulatan NKRI.

Semangat hijrah merupakan semangat penegasan loyalitas, kesetiaan dan keimanan yang berujung menuju kepada yang lebih baik atas ridho Allah Subhanahuwataala, maka setiap Prajurit dan PNS harus memiliki semangat bekerja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan yang kuat, sehingga bisa melaksanakan tugas secara proporsional dan profesional.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memantapkan keimanan dan ketaqwaan kita , disamping beribadah juga
melaksanakan kegiatan peringatan hari besar keagamaan seperti yang dilaksanakan saat ini.

Dengan peringatan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengintrospeksi diri, agar bisa lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Peringatan Tahun Baru Islam kali ini mengangkat tema , yaitu: ” Dengan Hikmah Peringatan Tahun Baru Islam Tahun 1440 H/2018 M, kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT guna membentuk prajurit TNI AD yang militan, loyal dan profesional”.

Dengan demikian diharapkan agama benar-benar berfungsi untuk menjadikan umatnya proaktif dan kreatif, guna mengoptimalkan produktifitas kerja, guna membentuk prajurit TNI AD yang militan, loyal dan profesional.

Dandim juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ustadz H. Suprihadin, Lc yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk menyampaikan hikmah peringatan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah.

Semoga Allah Subhanahuwataala selalu memberikan petunjuk dan bimbingan serta lindungan-Nya kepada kita dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

Pada kesempatan yang sama, dalam tausiah Ustadz H. Suprihadin, Lc, menyampaikan Alhamdulillah kita berada di bulan mulia, bulan yang dimuliakan Allah Ta’ala. Yaitu bulan al-Muharram. Dan hendaknya kita selalu berusaha untuk menggunakan waktu-waktunya pada hal-hal yang bermanfaat baik bagi diri kita, keluarga, masyarakat dan agama.

Untuk itu kita dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 10 Muharam, dimana kita berpuasa satu hari, dosa kita di hapus selama satu tahun.

Beliau juga menyampaikan kisah-kisah empat Nabi yaitu kisah Nabi Musa, AS, Nabi Nuh, AS, Nabi Ibrahim, AS dan Nabi Yunus, AS, untuk kita ambil hikmahnya dalam kehidupan kita untuk diamalkan.

Dimana kiata harus bangga kepada negara kita, itu merupakan keimanan kita dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Kegiatan memperingati Tahun Baru Islam 1440 H/2018 M dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat terjalin hubungan yang harmonis antara TNI dan Masyarakat di sekitar Masjid Al Firman Kodim 0320/Dumai.
(Liza)




Tinggalkan Balasan