DPC PERADI Gelar Diklat Teknis Hukum PTUN Dalam Penyelesaian Sengketa Pemilu

SOROTKASUSNEWS.NET-DPC PERADI,Sabtu (15/09/18) menggelar diklat teknis hukum acara peradilan tata usaha negara dalam prespektif UU No.7 tahun 2017 di pengadilan tata usaha negara. Diklat di laksanakan di hotel Pangeran jalan Sudirman, Pekanbaru.

Diklat ini menghadirkan para narasumber profesional yakni Masdin,S.H.,M.H dan Muhammad Afif,S.H,M.H.dari PTUN Pekanbaru, Dr.Mexsasai Indra,S.H,M.H dari Akademis,dosen Hukum UR dan narasumber dari KPU dan Bawaslu Riau.

Dalam sambutannya, ketua DPC Peradi Pekanbaru,Yusri Sabri,S.H,M.H memaparkan pentingnya diklat ini sebagai dasar kita dalam menghadapi perkara proses sengketa pemilu.
“Diklat ini sangat pas untuk di ikuti oleh teman-teman caleg,” ujar Yusri

“Diklat ini juga membahas materi substansi management perkara sengketa pemilu, prosedur pendaftaran sengketa pemilu dan kendala teknis pelaksanaan sengketa pemilu”, tambah Yusril

Sementara itu di tempat yang sama ,sekretaris dan pengacara diklat,Joki Mardison,S.H menuturkan bahwa diklat ini cukup banyak peminatnya terutama dari kalangan caleg.

“Bahkan banyak masyarakat terutama caleg minta diklat ini di adakan lagi”, ungkap Joki sambil tersenyum

Diklat ini juga membahas berbagai masalah sengketa pemilu yang masing-masing di sampaikan oleh para ahlinya.
Dari PTUN menyampaikan tentang eksistensi Perma Nomor 7 tahun 2017,acara penyelesaian sengketa di PTUN dan dampak hukum penyelesaian sengketa pemilu.

Demikian halnya dari narasumber Akademis menyampaikan materi tentang pengertian sengketa administrasi pemilu,hubungan sengketa pemilu dan pelanggaran administrasi pemilu serta tujuan penyelesaian sengketa administrasi pemilu.

Sementara dari pihak KPU menyampaikan tentang ruang lingkup dan tanggung jawab KPU,Eksistensi KPU dalam penyelesaian sengketa dan pola implementasi penyelesaian sengketa.
Sama halnya yang di sampaikan oleh Bawaslu kurang lebih hampir sama dengan KPU.

Ditambahkan juga oleh Joki bahwa acara diklat ini juga terselenggara berkat dukungan dari semua pihak dan kami selaku panitia menghaturkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang tak dapat di sebutkan satu persatu.

“Kami juga menekankan bahwa diklat ini merupakan salah satu kegiatan PERADI DPC Pekanbaru dalam rangka peran serta PERADI DPC Pekanbaru untuk penyelenggaraan Pemilukada yang LUBER dan JURDIL”, tutup Joki keawak media ini (Liza)




Tinggalkan Balasan