Pelaku Pembakar Lahan Di amankan Polsek Batang Gansal

SOROTKASUSNEWS.NET-Dua pelaku diduga pembakar lahan (Karlahut) asal warga Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu diamankan jajaran Polsek Batang Gansal.

Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting melalui Kapolsek Batang Gansal Iptu Sutaraja kepada wartawan mengatakan, Pada hari Sabtu tanggal 15 September 2018 sekira pukul 16.00 Wib mendapat informasi dari masyarakat bahwa di Desa Siambul Kec. Batang Gansal Kab. Inhu telah terjadi kebakaran Hutan dan lahan dengan luas kurang lebih -+ 10 Ha (Sepuluh Hektar)

Dengan saksi ALI MASRI Bin JASI (57) warga desa Siberida Kec. Batang Gansal. sekira pukul 08.30 Wib,saksi bersama dengan menantunya Femmy Suharianto pergi kekebun yang terletak di desa Siambul Kec. Batang Gansal.

Dengan maksud mau menyisip bibit/tanam ulang sawit. Sebelum berangkat ke kebun saksi mengingatkan Femmy agar jangan membakar karena sekarang lagi musim kemarau dan sesampainya di TKP saksi memotong kayu/bersihkan kebun.

Sekitar setengah jam sesampainya dikebun saksi melihat adanya api, kemudian saksi menyuruh Femmy untuk memadamkan api dan kemudian Femmy meminta tolong kesaksi untuk membantu memadamkan.

“Pada saat Femmy membakar saksi tidak melihat,saksi hanya mengetahui api berasal dari tumpukan rumput dan daun-daun kayu kering yang ditumpuk oleh Femmy.Pada saat itu saksi melihat api yg menjalar dilahan tersebut sekitar 10×10M namun tidak mampu untuk dipadamkan,”terang Kapolsek Batang Gansal Iptu Sutraja.

Masih menurut keterangan Kapolsek Batang Gansal,Jarak saksi dengan Femmy sekitar 15 M sedangkan jarak api dengan Femmy Lumayan dekat kurang lebih 1 m (satu meter) dan sekira pukul 20.00 Wib saksi pulang kerumah dan pada saat ditinggalkan dilahan masih ada api.

Sedangkan menurut keterangan saksi kedua Heru candra putra Bin Kamarudin(31) warga desa Siberida Kec. Batang Gansal.
Sekira pukul 07.00 Wib.Saksi pergi ke kebun / TKP dan pada saat itu saksi tidak ada melihat adanya api atau kepulan asap dilahan tersebut dan sekira pukul 08.30 Wib. saksi melihat Ali dan Femmy datang dengan berjalan kaki kemudian sekira pukul 10.30 Wib saksi melihat kepulan asap dari arah lahan Ali dan saksi pergi ketempat asal asap tersebut didapati Ali dan Femmy sedang memadamkan api dan pada saat itu yg ada didekat api hanya Ali dan Femmy saksi tidak mengetahui asal api dari mana.

Kata saksi pada saat itu yang juga berada di TKP.
yaitu sdr Ridwan dan sdr kankek yang berasal dari Desa siambul.

Mendapat informasi dari saksi tersebut maka jajaran polsek Batang Gansal yang di pimpin langsung oleh kapolsek Iptu Sutarja melakukan penangkapan terhadap Femmy.

Di dapati keterangan dari terduga Femmy Usia 26Tahun pekerja Swasta berasal dari Desa Siberida Kec. Batang Gansal Kab. Inhu
Sekira pukul 08.30 Wib. Femmy bersama Sdr ALI (Mertua) pergi kekebun yang terletak didesa Siambul Kec. Batang Gansal Kab. Inhu. Sesampainya dikebun Femmy membersihkan lahan pakai parang dan menumpukkan daun-daun dan rumput.Kemudian Femmy Membakar dengan menggunakan mancis/korek api warna merah. tumpukan daun dan rerumputan.

Setelah dibakar kemudian ditinggalkan oleh Femmy sekitar 30 menit untuk nebas/babat rumput ditempat lain. Kemudian pada saat itu Femmy melihat api sudah besar dan menjalar dan dikarenakan juga pada saat itu angin agak kencang dan dilahan kebun tersebut rerumputan sudah dalam keadaan kering dan mudah terbakar.

setelah dilakukan upaya pemadaman api tetap menjalar dan akibat pembakaran tersebut luas areal yang terbakar kurang lebih 10 Ha (Sepuluh Hektar). Sekira pukul 20.00 Wib Femmy bersama saksi pulang dan lahan tersebut masih dalam keadaan terbakar (api dlm keadaan hidup)

Untuk keterangan dan penyidikan lebih lanjut Saat Ini terduga Femmy suharianto Bin Yunus diamankan di Rutan Mako Polsek Batang Gansal Polres Inhu (Skn/Riau)




Tinggalkan Balasan