Danrem Wirabima Buka Latihan Teknis Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2018

SOROTKASUSNEWS.NET-Bertempat di Lapangan Makodim 0320/Dumai Danrem 031/WB membuka secara langsung kegiatan Latihan Teknis Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Ta 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Dumai, FKPD Kota Dumai, Kepala BPBD, Kepala Manggala Agni dan Dalops Kota Dumai serta para peserta Latihan Teknis Penanggulangan Bencana Karhutla.

Dalam amanatnya Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto, S.E M.M menyampaikan bahwa kebakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi riau selalu terjadi dan hampir 90 % penyebabnya adalah faktor manusia.

Berbagai dampak negatif ditimbulkan akibat dari kebakaran hutan dan lahan tersebut bagi masyarakat mulai dari faktor kesehatan, ekonomi, dan faktor lainnya.

“Berdasarkan hasil evaluasi beberapa pelaksanaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi riau, masih terjadi berbagai kendala di lapangan, hal ini dikarenakan kurang terlatihnya prajurit dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta belum adanya keterpaduan langkah dan tindakan antar instansi dalam wadah BPBD”,ungkap Danrem.

Beliau juga menjelaskan Latihan Teknis Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahub 2018 yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan tugas bantuan kepada pemda dalam rangka penanggulangan bencana alam.

“Untuk sasaran latihan yang harus dicapai adalah agar para peserta latihan dapat memahami dan mampu melaksanakan perencanaan operasi penanggulangan bencana alam, memahami dan mampu melaksanakan komando dan pengendalian operasi dalam penanggulangan bencana alam, memahami dan mampu dalam melaksanakan dengan cepat dan tepat dalam penanggulangan bencana alam dan memahami prosedur penanganan bencana alam”, pungkas Danrem

Diakhir amanatnya Danrem berharap dengan dilaksanakannya latihan ini para prajurit mempunyai gambaran dan langkah-langkah yang harus diambil dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan tersebut.

“Laksanakan latihan ini dengan serius dan semangat tanpa mengabaikan factor keselamatan dan keamanan”, tambah Danrem

Usai memberikan amanat Danrem 031/Wirabima menyematkan tanda peserta Latihan kepada perwakilan yang telah ditunjuk oleh Panitia Penyelenggara latihan yang menandakan Latihan Teknis Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Ta 2018 telah resmi dibuka.(Liza)




Tinggalkan Balasan