Peduli Kesehatan Masyarakat, Danramil 02 Rambah : TNI Akan Terus Membantu Warga

SOROTKASUSNEWS.NET-Tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya berkaitan dengan pertahanan,akan tetapi membantu dan melayani masyarakat juga menjadi tugas mereka di tengah-tengah masyarakat.

Seperti, masalah Kesehatan lingkungan, masih menyisahkan sejumlah persoalan yang harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak.

Menyikapi hal tersebut, Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR melaksanakan karya bakti dalam pembuatan jamban kepada keluarga kurang mampu.

”Kami Tentara Nasional Indonesia akan terus mencoba membantu warga dalam membangun jamban kepada warga yang berada didaerah teritorial Koramil 02 Rambah”, kata Danramil 02 Rambah Kapten Inf Hendra P. Barus.

Dirinya menyampaikan, setelah pembangunan jamban, kiranya dapat menciptakan situasi kondisi tempat tinggal warga yang lebih sehat dan nyaman. Pembuatan jamban bagi warga tersebut diharapkan dapat mendukung upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Kalau lingkungan bersih, pasti bisa dikategorikan masyarakat kita sehat. Jamban juga sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan,” terangnya.

Saat ini, Koramil 02 Rambah melakukan karya bakti pembuatan jamban sebanyak 6 unit. Yang sedang dikerjakan 3 unit berada di Desa Menaming Kecamatan Rambah 1 unit, di Desa Rambah Samo Kecamatan Rambah Samo sebanyak 2 unit.

Dapat diketahui, pemilihan lokasi tempat pembuatan jamban disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang pelaksanaannya dilakukan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil 02 Rambah dibantu Pemuda Panca Marga (PPM) dan masyarakat yang pengerjannya secara bergotong royong bersama-sama.

Seperi di Dusun Tanjung Godang dua RT/RW 001/001 Desa Menaming Kecamatan Rambah yaitu di rumah Ibu Sitera (85), Dusun Sigatal RT/RW 002/001 Desa Rambah Samo dirumah Sual (53) dan Dusun Sigatal RT/RW 002/001 Desa Rambah Samo Kecamatan Rambah Samo dirumah ibu Anur Daulay.

”Ini merupakan bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat. Dimana, guna meringankan beban hidup masyarakat kami”, tegas Kapten Inf Hendra P. Barus.

”Diharapkan, dengan adanya dukungan bantuan jamban keluarga sehat ini, kiranya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga yang menerima bantuan”, pungkasnya.

Gerakan pembuatan jambanisasi yang digalakkan Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR, mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat setempat.

Ibu Anur Daulay salah seorang warga Desa Rambah Samo, sangat berterimakasih kepada TNI Koramil 02 Rambah. Sebab, Anur semenjak beberapa tahun yang telah memiliki rumah, belum pernah mempunyai jamban.

”Saya sangat berterimakasih kepada bapak tentara. Sebab, semenjak saya memiliki rumah sudah bertahun-tahun belum pernah memiliki adanya jamban di rumah kami”, jelas Anuar, seraya matanya berkaca-kaca, menyampaikan kata terimakasih kepada TNI.

”Belum adanya jamban dirumah, karna kami belum memiliki modal untuk membuat jamban pak”, tutup Anur kepada awak media ini. (Liza)




Tinggalkan Balasan