Bisnis Agrobisnis Cari Peluang Usaha Sampingan ? Budidaya Ternak Kelinci Hias Di Pekarangan Rumah

RUBRIK BISNIS
SOROTKASUSNEWS.NET-Saat ini banyak orang mencari alternatif usaha sampingan. Di masa ekonomi yang kurang baik ini setiap orang mau tidak mau melirik memiliki usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan pokok kita.Dari sekian banyak peluang usaha sampingan, salah satunya yang bisa menjadi alternatif adalah budidaya Kelinci.

Budidaya Kelinci adalah peluang usaha sampingan yang cukup layak kita jalankan di pekarangan rumah. Apalagi kalau memang ada sedikit lahan sisa di belakang atau samping rumah walau hanya dalam area terbatas.

Mungkin ide usaha sampingan satu ini bisa jadi pilihan, terutama untuk kita yang menaruh minat lebih pada dunia hewan, yakni bisnis peternakan kelinci hias.

Untuk cari peluang usaha sampingan tidak banyak orang yang terlintas untuk memanfaatkan lahan kecil di pekarangan rumahnya menjadi peternakan karena mengira untuk usaha semacam ini Anda membutuhkan lahan luas. Padahal dengan sedikit kiat kecil, kita bisa membuat sebuah area kandang di atas lahan kecil.

Menjatuhkan pilihan peternakan pada kelinci hias adalah sebuah pilihan yang cukup tepat untuk lahan sempit. Karena kelinci hias dapat hidup dengan relatif nyaman meski dalam lahan yang terbatas.

Kotoran mereka tidak seburuk kotoran unggas dan burung sehingga mudah untuk Anda bersihkan.Selain itu, kelinci hias tidak berisik seperti bila kita beternak ayam atau kambing. Kita juga tidak mau di serang oleh tetangga sekitar rumah hanya karena polusi suara kan?

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa alasan kenapa kita memilih untuk beternak kelinci hias.

Lebih menguntungkan,
Kata untung jelas selalu menjadi pertimbangan utama ketika kita memutuskan untuk memulai sebuah usaha. Semakin menguntungkan usaha tersebut, jelas semakin menarik untuk kita jalankan bukan? Dan ketika membahas mengenai kelinci hias, maka kita juga akan menemukan kalau usaha satu ini ternyata bisa lebih menguntungkan dari usaha ternak burung hias yang bisa dibilang lebih populer.

Pasalnya kita tak perlu berpayah-payah mengikuti berbagai kompetisi demi bisa meraup untung besar. Karena kelinci termasuk hewan produktif dalam reproduksi, maka keuntungan kita lebih pada penjualan tiap ekornya yang kadang bisa menembus angka ratusan ribu perekor dewasanya. Dan menariknya dan juga juga menjual kelinci kecil dengan harga puluhan ribu yang artinya juga bisa mengirit biaya pemeliharaan.

Lebih mudah dipelihara
Kunci pemeliharaan kelinci kecil adalah kebersihan dan pakan yang baik. Karena itu, setidaknya kondisikan area kandang untuk mudah Anda bersihkan, bahkan bila kita menggunakan kandang bertingkat untuk menghemat ruang.

Pilih kandang dengan jeruji jarang supaya setiap kotoran dan sisa makanan bisa keluar dengan lancar dan jatuh kebawah. Sediakan alas khusus di dasar kandang supaya kita bisa membersihkan kandang cukup dengan mengganti alas. Di waktu liburan sempatkan untuk membersihkan bulu setiap kelinci peliharaan kita supaya tetap terawat dan lebih mudah untuk menarik minat konsumen.

Lebih mudah adaptasi
Karena pada dasarnya kelinci hias bukan type binatang agresif, maka mereka akan lebih mudah beradaptasi pada area kandang yang sempit dan ruang hidup yang padat. Dan menariknya sebagaimana sudah kami sampaikan di atas, kelinci itu bukan binatang yang bersuara jadi tidak akan menimbulkan polusi suara di lingkungan tinggal Anda. Asal kita rajin membersihkan kandang juga peternakan kecil kita ini tidak akan pula menimbulkan polusi bau di kawasan tinggal kita.

Lebih murah biaya operasionalnya
Biaya terbesar dimulai diawal ketika kita perlu menyiapkan beberapa kandang untuk pemeliharaan, perjodohan dan pembesaran, juga ketika kita memulai untuk membeli indukan.

Selebihnya biaya hanya akan berkutat pada masalah vaksin, pakan dan vitamin yang untuk sebuah peternakan kecil dengan 4 pasang indukan tak akan mencapai 200 ribuan perbulan. Namun dari sisi penghasilan setidaknya kita bisa menjual 10 – 15 ekor kelinci hias kecil dengan harga sekitar 70 ribuan per ekor atau sekitar 700 ribu sampai 1 jutaan perbulan.

Penjualan yang mudah
Pasar dari kelinci hias lebih baik dari pasar kelinci pedaging yang justru relatif terbatas. Kita bisa menjualnya pada retailer kelinci hias yang kerap menjalankan usaha pameran hewan peliharaan di kota-kota besar. Bisa pula dengan membuka penawaran via internet melalui berbagai forum jual beli atau media sosial.***




Tinggalkan Balasan