RUMKIT TK II PUTRI HIJAU MEDAN SOSIALISASI KANKER SERVIKS KEPADA PRAJURIT,PNS DAN PERSIT KODAM I/BB

SOROTKASUSNEWS.NET-Bertempat di Aula Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB, Pada hari Kamis 1 November 2018, Prajurit, PNS dan Persit melaksanakan sosialisasi tentang Kanker Serviks yang disampaikan oleh Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia dengan Pembicara Ners Sari Anggraini, S.kep.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Waka Rumkit Tk II Putri Hijau Medan Letkol Ckm Dr.M.Irsan Basysroel, Sp.KK diantaranya bahwa Persit merupakan Organisasi Isteri prajurit yang tidak dapat lepas dari peran serta suami yang masih aktif menjadi anggota TNI, untuk itu persit wajib mendukung tugas-tugas suami yang telah diembankan/dibebankan dipundaknya dengan cara mengurus rumah tangga dengan sebaik-baiknya.

Berdasarkan penjelasan dari Pembicara Ners Sari Anggraini, S.kep bahwa  kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Human papilloma virus (HPV)merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia.

Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian inilah yang seringkali tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker yang sebagian besar berlangsung tanpa gejala.

Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Di negara maju, kasus kanker jenis ini sudah mulai menurun berkat adanya program deteksi dini melalui Pap Smear. Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa respon imun bekerja dua kali lebih tinggi pada remaja putri berusia 10 hingga 14 tahun dibanding yang berusia 15 hingga 25 tahun (Tim SKN)




Tinggalkan Balasan