Budayakan Hidup Bersih ,Babinsa Koramil Langgam Ajak Warga Bersihkan Lingkun

SOROTKASUSNEWS.NET-Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Babinsa dituntut profesional dan mampu karena tugas dan tanggung jawabnya untuk melaksanakan Binter sangatlah besar.

Pelaksanaan tugas-tugasnya sering disibukan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial (kemasyarakatan) diwilayah binaan. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang Babinsa adalah kemampuan sebagai inovator pembangunan.

Babinsa harus mampu menterjemahkan program pembangunan daerah dengan bahasa yang sederhana serta menggugah keinginan dan keikutsertaan masyarakat dalam bidang pembangunan.

Gotong royong merupakan contoh implementasi keikutsertaan masyarakat dalam bidang pembangunan. Gotong royong sendiri juga dapat diartikan sebagai bentuk kerjasama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial untuk menyelesaikan sesuatu pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.

Sikap gotong royong perlu dipupuk sejak dini dan gotong royong merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat Indonesia. Salah satu semboyan yang mendeskripsikan dari gotong royong adalah “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Pada kegiatan ini Babinsa Koramil 09/Langgam Serda Gunawan Rianto membantu masyarakat Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci dalam gotong royong membersihkan sisi kiri kanan jalan dan juga menimbun jalan yang berlubang guna mencipatakan suasana bersih, sehat dan rapi.

Keterlibatan Babinsa dalam kegiatan gotong royong ini mendapat respon positif oleh warga masyarakat desa, terbukti banyaknya warga yang ikut dalam kegiatan ini. Mereka terlihat antusias membersihkan rumput-rumput di kanan kiri jalan utama hingga terlihat rapi.

Kegiatan bersih-bersih ini dapat berjalan dengan optimal dalam menciptakan lingkungan yang sehat , selain itu gotong royong juga dapat menjalin tali silaturahmi dan peningkatan kebersihan di lingkungan masyarakat.

Gotong royong ini rutin dilaksanakan demi kebersihan di sepanjang jalan Desa Makmur, serta dengan bergotong royong juga bisa menjalin komunikasi antara Babinsa dan masyarakat di wilayah desa binaan sekaligus untuk mengajak masyarakat untuk saling bekerjasama demi kebersihan sepanjang jalan kampung Desa.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dan kepedulian untuk kerjasama membersihkan lingkungan masih sangat tinggi, kegiatan pembersihan itu bertujuan membangun sinergitas antara TNI dan masyarakat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat selain itu juga untuk membantu masyarakat dalam menciptakan Desa sadar lingkungan, sehingga masyarakat juga sehat dalam berkehidupan”, tegas Serda Gunawan Rianto.

Esensi gotong royong merupakan salah satu bentuk prinsip kerjasama, saling membantu tanpa imbalan langsung yang diterimanya dan hasilnya untuk kepentingan bersama atau kepentingan umum.(Liza)




Tinggalkan Balasan