Antipasi Curanmor, Kompol Hanafi Terus Himbau Dan Ingatkan Warga Tenayan

SOROTKASUSNEWS.NET-Melihat sikon akhir-akhir ini di Tenayan Raya, Aksi curanmor cukup marak di kecamatan Tenayan Raya. Untuk itu Kapolsek Tenayan Raya, Kompol Hanafi terus secara rutin menghimbau dan mengingatkan warga untuk selalu waspada.

Kepada warga yang memiliki kendaraan khususnya roda dua atau sepeda motor, harus tetap waspada dari aksi kejahatan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) yang mengintai kendaraan kita.

Kompol M Hanafi menyampaikan ke awak media ini, Selasa (04/12/18) bahwa pelaku Curanmor itu beraksi ketika kita lalai atau tidak waspada.

“Seperti kunci yang terletak atau tertinggal di kendaraan dalam kondisi mesin sepeda motor hidup, disitulah pelaku cepat beraksi. Maka dari itu, kami imbau masyarakat jangan pernah tinggalkan kunci di kendaraannya apalagi mesin kendaraan dalam keadaan menyala dan juga ditinggalkan pemilik kendaraan,” ujar Kapolsek Tenayanraya.

Sambung Kompol Hanafi, kelalaian itu sebelumnya telah dikaji oleh pelaku.

“Dan sudah beberapa kali kita ungkap kasus curanmor, pelaku mengambil kesempatan disaat kelalaian orang lain. Penggunaan kunci T oleh pelaku Curanmor itu biasanya dilakukan pelaku dengan gampangnya di tempat yang sepi,” sebut Kompol Hanafi.

Kalau di lingkungan masjid itu, kata Kompol Hanafi, diharapkan jamaah masjid yang akan melaksanakan ibadah shalat Subuh bisa mengunci ganda kendaraannya.

“Saat melaksanakan shalat Subuh berjamaah, kami imbau kepada jamaah masjid untuk melakukan kunci ganda pada kendaraannya masing-masing. Dan kita juga telah membuat spanduk imbauan di masjid-masjid, Door to Door System oleh Bhabinkamtibmas kami dilakukan setiap hari ke rumah warga minimal 4 rumah warga dalam memberikan imbauan langsung akan Kamtibmas kepada warga,” jelas Kompol Hanafi.

Selain itu, kata Kompol Hanafi lagi, peningkatan upaya Kamtibmas kita lakukan seperti K2YD yang dilaksanakan oleh personel Polsek Tenayan Raya.

“Kami mengimbau kepada pemilik kendaraan agar berhati-hati dengan kendaraannya. Apabila meninggalkan kendaraan, pastikan kendaraan dalam keadaan mati mesinnya dan kunci kontak dicabut. Untuk sepeda motor, diupayakan kunci ganda.

Apabila ada melihat orang mencurigakan, maka berpindah parkirlah di tempat keramaian. Untuk pengendara sepeda motor, apabila ada orang yang tidak dikenal menghentikan kendaraannya, agar berhentilah di tempat keramaian. Upayakan jangan berhenti di tempat yang sepi. Tetap Waspada dan berhati-hati,” ungkap Kompol M Hanafi.(Liza)




Tinggalkan Balasan