Immanuel : Tahun 2018 Perkara Menurun, PN Rengat Tangani 557 Perkara

SOROTKASUSNEWS.NET-Sepanjang tahun 2018, Pengadilan Negeri (PN) Rengat Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) Provinsi Riau hanya menangani 557 Perkara yang terdiri dari kasus Perdata dan Pidana. 557 perkara tersebut terdiri dari dua kabupaten yang dibawahi PN Rengat, yakni Kabupaten Inhu dan Kuangsing.

Sedangkan untuk kasus tilang PN Rengat menangani sebanyak 4819 kasus, terang Ketua PN Rengat Darma Indo Damanik SH, MKn melalui Humas PN Rengat Immanuel MP Sirait SH, Rabu (9/1/2019) di ruang kerjanya.

Sambungnya, Dari total 557 perkara tersebut, perkara penyalahgunaan narkoba masih berada di urutan atas dengan 90 pekara, dan di ikuti perkara pidana dan perdata lainnya.

“Dari jumlah 557 perkara tersebut sedikitnya ada 13 perkara yang belum mendapat putusan”, ujar Humas PN Rengat ini

90 perkara Narkoba yang masuk, salah satu perkara narkoba diputus hingga hukuman kurungan badan seumur hidup.

Untuk perkara pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) 45 perkara, serta kasus perjudian 25 perkara,” papar Immanuel

Untuk kasus Asusila sedikit mendapat penurunan jika dibandingkan tahun 2017 lalu, dimana sebelumnya ada sebanyak 27 perkara, sedangkan untuk 2018 hanya sebanyak 17 perkara.

“Pada 17 perkara Asusila pada umumnya pelaku merupakan orang dekat, diantaranya tetangga hingga keluarga korban sendiri,” terang Imanuel

Selanjutnya perkara penganiayaan sebanyak 13, perkara penggelapan15, penganiayaan 13 perkara, Aborsi 2 serta 20 perkara pidana khusus untuk ilegal loging.

“Disamping itu ada 1 yakni perkara tindak pidana Pemilu atau money politic yang menjerat Dimas Kasyono dengan vonis 3 tahun kurungan.

“Di bandingkan dengan tahun 2017 lalu ada penurunan, di tahun 2017 PN Rengat menangani lebih kurang 600 perkara tersebut terdiri dari dua kabupaten, Kabupaten Inhu dan Kuangsing”, tutup Immanuel kepada awak media ini.(Heri.Rz)




Tinggalkan Balasan