PT SRK Tidak Pernah Serahkan Peraturan Perusahan ke Disnaker Inhu. Dua Karyawan PT SRK Kirim Surat Keberatan

SOROTKASUSNEWS.NET-PT Sinar Reksa Kencana (SRK) memutasi dua orang karyawannya atas nama Meri Narisman dan Sepmasnadianto. Mutasi kedua karyawan itu dibuktikan dengan dua surat mutasi yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit. Mutasi yang diberikan mulai berlaku per tanggal 9 Januari 2019 hari ini.

Atas kondisi tersebut, kedua karyawan tersebut menyampaikan keberantannya melalui surat yang dikirimkan kepada manajemen perusahaan dan juga ditembuskan kepada Polres Inhu. Alasan keberatannya, karena sesuai surat keputusan pengangkatan sebagai karyawan yang dikeluarkan oleh perusahaan, tidak dicantumkan kewenangan PT SRK untuk melakukukan mutasi karyawan.

“Tidak ada dicantumkan, PT SRK berwenang melakukan mutasi karyawan, apalagi mutasinya ke perusahaan lain,” terang Dody Fernando, kuasa hukum kedua karyawan, Rabu (9/1/2019).

Dody menerangkan sesuai SK mutasi yang diterima oleh kedua karyawan tersebut, mereka mendapat mutasi ke PT Sumber Utama Sejahtera, Region Wajo. Selain itu Dody menilai ada pelanggaran pada proses mutasi.

“Informasi yang kami dapat peraturan perusahaan yang dijadikan oleh PT SRK sebagai dasar hukum mutasi tersebut, tidak sesuai dengan Peraturan Perusahaan yang diatur dalam pasal 108 ayat 1 dan pasal 110 ayat 1 UU nomor 13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan”, kata Dody.

“Oleh karena itu pihaknya akan mengajukan upaya hukum atas mutasi dua karyawan PT SRK tersebut”, ungkap Dody

” Terpisah, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Inhu terkait peraturan perusahaan yang dimiliki oleh PT SRK. Berdasarkan penuturan Kepala Bidang Perselisihan Hubungan Industrial (PHI) Disnaker Inhu, Yaspan Ali diketahui bahwa PT SRK tidak pernah menyampaikan peraturan perusahaan kepada Disnaker Inhu.

“Seharusnya mereka menyerahkan peraturan perusahaan itu kepada kami, sudah pernah kita minta namun sampai sekarang belum ada diberikan,” kata Yaspan.

Sorotkasusnews.net, Berupaya melakukan konfirmasi dengan pihak perusahaan melaui Baharudin Gurning, salah seorang manager PT SRK.

Namun pesan konfirmasi guna mempertanyakan alasan dan dasar perusahaan melakukan mutasi terhadap dua karyawannya itu hingga kini belum mendapat balasan.(Heri.Rz)




Tinggalkan Balasan