Dandim Rohil Usul Penataran P4 Diaktifkan Kembali

SOROTKASUSNEWS.NET-Nilai-nilai luhur Pancasila kini mulai memudar. Begitu juga dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika dikalangan masyarakat, juga semakin memudar.

Komandan Kodim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi, turut merasa prihatin dengan kondisi semakin memudarnya pemahaman dan penghayatan Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat saat ini.

“Pemahaman dan penghayatan masyarakat terhadap Pancasila semakin memudar. Banyak yang tidak paham dan mengerti. Padahal Pancasila itu bersumber dari nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia,” kata Komandan Kodim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Effendi saat mengikuti rapat bersama Pemkab Bengkalis.

Memudarnya pemahaman dan penghayatan terhadap Pancasila, sebut Dandim, dapat dilihat dari banyaknya warga negara yang tidak hafal Pancasila, dan memahami butir-butir di setiap sila yang ada.

Kondisi itu, jelas Dandim, akan rentan terhadap perpecahan, penyusupan ideologi dan paham-paham radikal. Dandim, pun mengusulkan kepada pemerintah agar menghidupkan kembali Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).

“Banyak sekali yang tidak hafal Pancasila dan memahami butir-butir yang ada di setiap sila dari Pancasila. Sehingga perlu dihidupkan kembali Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Sebagaimana dulu banyak masyarakat yang mengerti dan memahami Pancasila,” tambah Dandim.(Lusi)




Tinggalkan Balasan