Babinsa Koramil Kuindra Imbau Nelayan Agar Tidak Menggunakan Tuba Dalam Menangkap Ikan

SOROTKASUSNEWS.NET-Babinsa Sungai Buluh Koramil 04/Kuindra Kodim 0314/Inhil Serma Zulfahmi melakukan kegiatan Komonikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat nelayan Desa Sungai Buluh Kec. Kuindra.

Dalam kegiatan Komsos ini, Babinsa mensosialisasikan atau menyampaikan himbauan kepada warga nelayan Desa Sungai Buluh Desa Binaannya, yang dalam keseharianya berprofesi sebagai nelayan dalam mencari nafkah dengan menangkap ikan di sungai dan dilaut.

Dalam himbauannya, Babinsa menyampaikan kepada warga dalam mencari ikan agar tidak menggunakan cara-cara yang dilarang oleh Pemerintah, seperti menggunakan racun ikan (potas) atau tuba, bom ikan dan setrum, yang akan mengancam populasi ikan di sungai dan dilaut, yang kian hari semakin berkurang.

Ia juga menambahkan penggunaan racun, bom ikan dan setrum untuk menangkap ikan di sungai dapat merusak keseimbangan ekosistem sungai itu sendiri. Cara ini juga akan membunuh ikan-ikan kecil dan hewan air lainnya, cairan racun juga menjadi polutan berbahaya yang mencemari air.

Apabila air tersebut sampai terminum oleh manusia dampaknya akan sangat fatal. Dalam kesempatan tersebut Babinsa juga menyampaikan bahwa dalam mencari ikan hendaknya agar menjaga keamanan pribadi dan kesehatan lingkungannya.

Atensi yang di sampaikan oleh Babinsa dapat di terima baik oleh masyarakat nelayan warga Desa Sungai Buluh.

Salah seorang nelayan mengatakan bahwa

“Kami para nelayan Desa Sungai Buluh siap bekerja sama membantu Babinsa mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dari meracun ikan, sehingga lingkungan dan kesehatan serta keamanan di Desa Sungai Buluh ini tetap terjagaā€¯, imbuhnya.(Iin)




Tinggalkan Balasan