Antisipasi Kebakaran Koramil 01/ Bengkalis Bersama Masyarakat Bersihkan kanal Dan Embung

SOROTKASUSNEWS.NET-Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karlahut) di Kabupaten Bengkalis, Danramil 01/Bengkalis,Mayor ARM B. Tambunan S.E. Beserta Anggota dan persatuan MPA serta Babinkamtibmas Bergotong royong Di Desa Air Putih,Kecamatan Bengkalis,Kabupaten Bengkalis Riau, yang merupakan Desa yang sering terjadinya karlahut,Rabu sore (13/02/19)

Dikatakan Kepala Desa Air Putih,melalui Kepala Dusun panglima minal,Ahmat Mengatakan bahwa didesanya sering terjadi kebakaran terutama dijalan H Ilyas, tepatnya di perkebunan warga.

“Memang di Desa Air Putih ini boleh di bilang langganan hampir setiap tahunnya terjadi kebakaran yang tak tau api itu berasalnya dari mana”,kata kadus

Lanjut kadus, dengan diadakan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi Desanya bagai mana pencegahan karlahut tidak terjadi kembali.

“Kami dari pihak Desa sangat berterima kasih kepada Danramil 01/Bengkalis,dan Anggota yang ikut serta dalam memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada masyarakat Desa Air Putih ini, dalam mencegah karlahut, dan sebagai penunjang kami juga dari pihak Desa saat ini sudah membentuk masyarakat peduli api (MPA) juga membuat embung embung di daerah rawan kebakaran”,tutup kadus

Sersan Rudianto selaku Babinsa Desa Air Putih juga mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan MPA dan Babinkamtibmas berupaya untuk mencegah terjadinya karlahut terutama desa -desa yang rawan terjadinya kebakaran.

“Kita akan bentuk tim dengan melibatkan MPA dan Babinkamtibmas untuk berpatroli ke desa – desa yang rawan terjadinya Karlahut, dengan begitu jika ditemukan kebakaran bisa dicegah sedini mungkin dan tidak membesar,” ungkap Sersan Rudianto, Babinsa yang baru dilantik ini.

Danramil 01/Bengkalis yang ikut serta bergotong royong bersama warga disela sela istirahatnya saat diwawancarai media ini mengatakan,tujuan diadakannya gotong royang bersama masyarakat ini adalah, untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya kebakaran. Ditambah lagi dengan musim panas saat ini, sangat di khawatirkan akan mudah timbulnya kebakaran.

“Untuk gotong royong kali ini, kita membersihkan embung embung dan kanal kanal supaya air bisa tersimpan disitu, jika seandainya terjadi kebakaran maka tidak terjadi kekurangan air untuk pemadaman”, ungkap Danramil

Danramil juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar lahan, karna Akibat dari asap kebakaran tersebut dapat menyebabkan penyakit Gangguan pernapasan atau Asma, dan bisa merugikan orang banyak, ” tutup Mayor Tambunam. (Ham / Liza)




Tinggalkan Balasan