SP3 Polres Inhu Cacat Hukum..?? Digugat Prapengadilan

SOROTKASUSNEWS.NET-Dinilai tidak sesuai prosedur dan cacat hukum Surat Penghentian Penyidikan (SP3,red) dalam kasus laporan polisi No, LP/67/V/2017/Riau/Res Inhu tanggal 6 Mei 2017 tentang dugaan tindak pidana pemalsuan surat, Polres Indragiri Hulu digugat Prapengadilan oleh penasehat hukum (PH) Bonar Sitinjak.

” Berdasarkan hasil koordinasi klien Bonar Sitinjak dengan Kasi Datun kejaksaan negeri Rengat bahwa SP3 kasus tentang dugaan tindak pidana pemalsuan surat tidak sampai kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sedangkan berdasarkan pasal 109 ayat (2) KUHAP penghentian penyidikan harus diberitahukan kepada penuntut umum dan tersangka.

“Namun pihak kejaksaan negeri menjelaskan kepada pemohon bahwa pihak kejaksaan negeri Inhu tidak ada menerima surat pemberitahuan dari polres inhu tentang SP3.” sebut Penasehat Hukum Bonar Sitinjak, Dody Fernando SH MH melalui via selulernya, Selasa ( 05/03/19)

Dijelaskan, Pada tanggal 6 Mei 2017 pemohon telah melaporkan dugaan tindak pidana pemalsuan surat atau menggunakan surat palsu pada Polres In
hu dengan laporan Polisi No. LP/67/V/2017/Riau/RE INHU. Ditemukan fakta hukum dugaan membuat atau menggunakan surat palsu yang dilakukan oleh Ellice Simangunsong.

Bahwa tindak pidana pemalsuan surat atau menggunakan surat palsu diatur pada pasal 263 ayat (1) KUHP, Barang siapa membuat surat palau atau memalsukan surat dengan hukuman penjara selama-lama nya 6 tahun.

“Menyatakan penghentian penyidikan atas laporan polisi No. LP/67/V/2017/RIAU/RE INHU tanggal 6 Mei 2017 yang dilakukan oleh pemohon dengan SP3, No.SPPP/28/lX/2018/Reskrim tanggal 10 Sep 2018 tidak sah secara hukum,” tegas Dody Firnando SH MH.

Terpisah, Humas Pengadilan Negeri (PN) Rengat, Immanuel MP Sirait SH MM, saat dikonfirmasi membenarkan ada surat masuk ajukan gugatan Prapengadilan Polres Inhu.

“Benar, ada surat masuk dari saudara Dody Fernando SH MH terkait gugatan Prapengadilan Polres Inhu dan senin depan tanggal 11 Mar 2019 akan di sidangkan,”singkatnya.

Sehubungan dengan hal ini Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting belum dapat dimintai keterangan, Dicoba untuk konfirmasi melalui via selulernya dengan nomor 08132421 xxxx tidak terhubung.(Iin)




Tinggalkan Balasan