Kades Seluti Kangkangi, Permendagri dan UU Desa, Warga Nilai Camat Malah Tutup Mata

SOROTKASUSNEWS.NET-Jailis, Kepala Desa (Kades) Seko Lubuk Tigo (Seluti) Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau dinilai telah kangkangi Permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas permendagri no 112 tahun 2014 tentang pilkades dan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang desa, Pasalnya, dia sebagai kades terpilih tidak berdomisili dimana desa yang ia pimpin.

Diketahui Kades Seluti, Jailis, tidak berdomisili di Desa Seluti saat awak media turun kelapangan pada hari Rabu 20 Maret 2019 kemarin saat meninjau lokasi Limbah Olie bekas atau limbah bahan berbahaya dan beracun B3 yang diduga milik PT Pertamina di desa tersebut.

Saat awak media coba mempertanyakan kepada warga apa penyebabnya Kades sampai tidak mengetahui ada pencemaran limbah, Ternyata dari sejak Jailis menjabat sebagai kades tidak berdomisili di Desa Seluti, Tapi, berdomisili di Desa Banjar Balam.

” Bagaimana Kades kami mengetahui adanya kejadian-kejadian di Desa Seluti ini bang, sedangkan kadesnya aja tidak tinggal didesa sini, dia tinggal di desa banjar balam”,sebut salah seorang warga yang berhasil ditemuai awak media yang minta namanya tidak di publikasikan.

Sejak dia menjabat sebagai kades lebih kurang hampir 1 tahun dia tinggal di desa banjar balam, Dia warga desa banjar balam cuma kemarin waktu pilkades serentak dia mencalonkan di desa seluti ini.

“Yang kami herankan lagi, Camat pun terkesan tutup mata dengan domisilinya kades seluti, Seharusnya camat memberi teguran, ini tidak camat pun mala diam, Padahal dalam peraturan Pilkades jelas, Bagi calon yang terpilih tidak warga tempatan, wajib tinggal di desa yang dia pimpin,”pungkasnya.

Sementara itu, Kades Seluti, Jailis saat dikonfirmasi mengatakan,

” Sudah lah jangan di permasalahkan soal domisili saya, Sekarang ini bagaimana supaya warga dan Desa Seluti dapat maju tidak tertinggal dengan desa lainnya”, ujarnya

“Untuk mengenai limbah Pertamina kita sudah koordinasikan sama pak Camat, dan tadi pak camat sudah perintahkan staf nya untuk datangi pihak PT Pertamina,”singkat kades Seluti Jailis, Kamis (21/03/2019).

Di tempat terpisah Camat Lirik, Wisnu Suboroto, S.Sos saat di konfirmasi Jumat 22 Mar 2019 mengatakan,

” Untuk mengenai domisili kades Seluti akan segera kita sikapi, karena saya baru lebih kurang 1 bulan menjabat sebagai camat di lirik ini baru melakukan pembenahan-pembenahan di kecamatan,”terangnya.

Mengenai dugaan limbah oil bekas Pertamina kita akan segera koordinasikan dengan pihak Pertamina Lirik.

Disenggol bahwa pak camat dinilai tutup mata atas domisili kades seluti,

“Saya tidak tutup mata, saya masih baru menjabat camat disini,”pungkasnya.(Heri)




Tinggalkan Balasan