Belum Bayar Keterlambatan Pembayaran Gaji Karyawan, PT SRK Tak Patuhi PP No 78 Tahun 2015.

SOROTKASUSNEWS.NET-Sehubungan dengan telah terjadi keterlambatan pembayaran gaji oleh PT SRK yang telah disepakati dalam forum mediasi di kantor camat Batang Peranap, PT SRK telah menyepakati pembayaran gaji setiap tanggal 15 tiap bulan dan sesuai dengan peraturan pemerintah No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan.

“Maka dalam hal ini PT SRK dikenakan sanksi berupah denda keterlambatan pengupahan sesuai pasal 55”,terang Dedi Andrias ketua Serikat Pekerja Indragiri Inhu.

Sambungnya, Mulai dari hari keempat sampai hari kedelapan terhitung tanggal upah seharusnya dibayar, dikenakan denda sebesar 5% untuk setiap hari keterlambatan dari upah yang seharusnya dibayarkan.

“Sesudah hari kedelapan, apabila upah masih belum dibayarkan, dikenakan denda keterkambatan sebagaimana dimaksud dalam huruf a ditambah 1% untuk setiap hari keterlambatan dengan ketentuan 1 bulan tidak boleh melebihi 50% dari upah yang sehatusnya dibayarkan”,jelasnya.

“Berdasarkan hal tersebut, maka kami dari pengurus unit kerja serikat pekerja indragiri mengingatkan PT Sinar Reksa Kencana untuk dapat segera membayar gaji dan denda keterlambatan pembayaran upah”, tegas Dedi Andrias.

Sementara itu Kuasa Hukum karyawan PT SRK, Dody Fernando SH MH mengatakan,” Kita minta Disnaker dan pengawas tenaga kerja dapat segera turun memeriksa pihak PT SRK terkait keterlambatan pembayaran upah atau gaji dari bulan, 9,10 dan 11 pada tahun 2018 yang sudah dilaporkan.

“Dan bulan ini keterlambatan pembayaran upah atau gaji kembali terjadi, dan kita minta segera di periksa agar hak-hak karyawan terpenuhi,”terang Dody.(Heri)




Tinggalkan Balasan