Diduga Money Politik Caleg Partai Gerindra Dapil lV Dilaporkan ke Bawaslu

SOROTKASUSNEWS.NET-Diduga money politik caleg Partai Gerindra asal dapil lV Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau dilaporkan ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) kemarin Senin,22 April 2019.

Ketua Bawaslu Inhu, Dedy Risanto membenarkan hal tersebut.

” Benar, ada warga meloporkan dugaan money politik caleg Gerindra dari dapil lV inisial HP. Dan sekarang ini sedang kami proses dan melengkapi bukti-bukti”, ungkap ketua Bawaslu

“Benar, warga yang melaporkan ada menyerahkan bukti vidio dugaan money politik caleg dapil lV inisial HP.
Setelah nanti cukup bukti-bukti akan kita bawah ke Gakkumdu untuk memastikan apakah ini termasuk money politik,”jawab ketua Bawaslu Inhu Dedy saat dikonfirmasi, Rabu 24 April 2019.

Terpisah, Jumadi akvitis LSM TOPAN RI mengatakan, Berdasarkan informasi yang berkembang untuk mencari suara caleg Gerindra ini habis dana lebih kurang 1 milir.

Dengan adanya laporan dugaan money politik ini kita berharap Bawaslu maupun Gakkumdu untuk dapat benar-benar serius menanganinya, jangan pula laporan masyarakat ini nantinya di manfaatkan untuk kepentingan individu.

Tegakkan secara benar UU nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Jangan pula UU tersebut di pelintir demi untuk kepentingan pribadi.
Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017
Pasal 523 Setiap pelaksana, peserta, dan atau tim Kampanye Pemilu yang dengan sengaja menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada peserta Kampanye Pemilu secara langsung ataupun tidak langsung sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 ayat (1) huruf (j) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp24. juta.(Heri)




Tinggalkan Balasan