Alamak…Kepsek SMPN 2 Lirik Tetapkan Tarif Retribusi Kepedagang Di Sekolah Tanpa Pedoman Aturan

SOROTKASUSNEWS.NET-Kepala Sekolah SMPN 2 Lirik Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu, Riau tetapkan tarif retribusi kepada pedagang yang berjualan di lingkungan sekolah, Tarif retribusi yang di tetapkan Rp 15000 per hari ini diakui oleh kepala sekolah (Kepsek)

Kepsek SMPN 2 Lirik, Heni Kartika, SPd kepada Sorotkasusnews.net mengatakan, Retribusi yang diambil dari orang yang berjualan dilingkungan sekolah per hari Rp 15000 sudah hampir 1 priode atau 1 tahun.

“Uang Retribusi digunakan untuk keperluan sekolah, Seperti untuk kebersihan, untuk acara undangan dan Tunjangan Hari Raya (THR). Dan itu pun mereka tidak lancar membayarnya,”jelas Heni Kartika di ruangkerjanya, Jumat 10 Mei 2019.

Retribusi yang diambil dari orang yang berjualan dilingkungan sekolah per hari Rp 15000 itu tergolong kecil bila dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain, Di sekolah lain ada yang sampai 20 ribu dan 25 ribu.

Ditanya ada tidak aturannya untuk pengambilan retribusi ini, contoh seperti perda, perdes atau perbub, Pengambilan retribusi ke penjual atau pedagang di lingkungan sekolah tidak ada perda, perdes ataupun perbub.

“Retribusi ini diambil atas kebijakan kita bersama, antara pihak sekolah dengan pihak pedangan atau penjual. Intinya uang retribusi dari para penjual itu tidak untuk kepentingan pribadi, Tapi, untuk kepentingan sekolah”,pungkasnya.

Sebelumnya, Salah seorang pedagang yang tidak mau disebutkan namanya pada Sorotkasusnews.net mengatakan,” Sebenarnya kami keberatan dengan iuran, pungutan atau retribusi per hari Rp 15000 itu, Tapi gimana lagi kalau kami tidak kasih itu uang 15000 per hari kami tidak dapat atau tidak boleh jualan dilingkungan sekolah.

Uang pungutan per hari 15000 katanya untuk kebersihan, padahal kebersihan setiap hari kalau mau pulang disekeliling warung sampah bekas jajan kami bersihkan terus.

“Yang menyakitkan lagi, untuk mulai bulan besok siapa yang mau jualan di SMPN 2 Lirik ini harus bayar sewa Rp 7.500.000 (Tujuh Juta Lima Ratus) per tahun.Menurut Kepsek SMPN 2 Lirik uang sewa per tahun 7.500,000 ribu untuk buat kantin. Untuk lebih jelasnya coba tanyakan saja langsung sama Kepseknya,”singkatnya.(Heri)




Tinggalkan Balasan