Kangkangi Perbub No 9 Tahun 2014, Kades Seluti Tak Di Kenakan Sanksi

SOROTKASUSNEWS.NET-Jailis” Kepala Desa (Kades) Seko Lubuk Tigo (Seluti) Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau kebal hukum, Hal ini dibuktikan belum ada tidak tegas dari pemerintah atas kangkangi Perbub No 9 Tahun 2014.

” Sia-sia sekali Perbub di buat dan ditandatangi oleh Kepala daerah (Bupati,red) tetapi tidak dipergunakan atau dijalankan sebagaimana mestinya oleh pemerintah.

“Perbub No 9 Tahun 2014 ini tidak diterapkan oleh Pemda Inhu, hal ini dibuktikan dengan pelanggaran yang dilakukan oleh Kades Seluti, Jailis”,kata Jumadi akvitis LSM TOPAN RI.

“Kades Jailis lebih kurang 1 tahun menjabat di Desa Seluti, namun dia tidak berdomisili di desa tersebut, Dalam Perbub No 9 Tahun 2014
tentang cara penyalonan,Pemilihan, Pelantikan dan pemberhentian Kepala Desa. Disalah satu bab yang berbunyi, bagi kades yang terpilih di wajibkan berdomisili di desa terpilih, apabila tidak berdomisili di desa terpilih kades teresbut dapat di berhentikan,” papar Jumadi.

Dijelaskan Jumadi, Setelah dilantik, Jailis (Kades Seluti,red) lebih kurang 1 tahun 5 bulan tidak berdomisili di desa Seluti dimana dia sebagai kades. tapi mala berdomisili di Desa Banjar Balam.

Sementara dalam Perbub No 9 Tahun 2014 dalam salah satu bab, Bagi kades yang terpilih diwajibkan berdomisili di desa terpilih, apabila tidak berdomisili di desa terpilih kades dapat diberhentikan.

“Sudah jelas kangkangi Perbub, Kades Seluti, Jailis tidak kenak sangsi oleh Pemkab Inhu, Hal ini membuktikan bahwa pemerintah lemah dalam penegakan hukum”,terang Jumadi.

Sambung Jumadi, Seperti itulah penangan permaslahan atau kasus di Kab.Inhu, Peraturan dan UU hanya di perlakukan kepada rakyat kecil, untuk rakyat yang miliki jabatan atau uang peraturan dan UU tidak berlaku.

Bahkan hukum di Inhu ini dapat di beli, banyak sudah contoh pelanggaran yang dilakukan oknum-oknum Kades maupun pejabat yang tidak ditindak tegas, dan bahkan mala dilindungi oleh dinas terkait atau dari Bupati sendiri.(Heri)




Tinggalkan Balasan