Hasil Audit BPKP RI Di Desa Rantau Bakung, Diminta Kejari Inhu Untuk Mengawasi

SOROTKASUSNEWS.NET-Diduga ada penyimpangan penggunaan dana BUMDes di Desa Rantau Bakung diminta Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hulu (Inhu) untuk mengawasi kelanjutan hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau. Hal ini ditegaskan akvitis LSM TOPAN RI.

” Sama-sama kita ketahui belum lama ini BPKP, Provinsi Riau melakukan audit Desa Rantau Bakung terkait penggunaan Dana BUMDes yang disinyalir adanya dugaan penyalagunaan dana BUMDes sebesar 100 juta.

Agar penggunaan Dana BUMDes ini benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat, Kita minta Kejari Inhu untuk mengawasi penggunaan dana BUMDes tersebut,” kata Roni akvitis LSM TOPAN RI (Versi Budiman)

Sebagaimana yang diketahui saat BPKP melakukan audit uang BUMDes Rp 100 juta sudah diambil oleh Bendahara atas persetujuhan Kepala Desa (Kades) Rantau Bakung. Namun sayangnya kegiatan BUMDes tak kunjung dilaksanakan.

Dalam keterangan pemeriksan itu juga menurut Kades dan Bendahara dana BUMDes sebesar 100 juta untuk pembukaan lahan dan penanam sawit.

“Dana BUMDes untuk pembukaan lahan dan penanaman sawit ini perlu di kaji ulang, apakah lahan itu milik desa atau kelompok tani, karena sepengetahuan masyarakat lahan yang mau dibuka dan tanami sawit itu masuk dalam kawasan hutan”,papar Roni.

Harapan kita dengan adanya hasil audit BPKP dapat segera ditindaklanjuti oleh penegak hukum, bisa polisi dan bisa jaksa. Dan perlu diingat korupsi dan narkoba adalah musuh negara yang harus dibasmi dari negeri ini.

Korupsi dan Narkoba penegak hukum seperti Polisi atau Jaksa tidak harus terima laporan dari masyarakat, dari informasi masyarakat atau media polisi dan Jaksa dapat melakukan penyelidikan hal ini diantur dalam UU.

Maka dari itu, kita selaku lembaga meminta penegak hukum menindaklanjuti, kami dari lembaga LSM TOPAN RI akan pantau perihal ini hingga benar-benar penggunaan dana BUMDes itu bermanfaat untuk masyarakat banyak.(Heri)




Tinggalkan Balasan