LSM TOPAN RI : Di Inhu Masih Banyak Yang Belum Transfaran Penggunaan Dasa Desa

SOROTKASUSNEWS.NET-Sekalipun sudah diwajibkan untuk transparan dalam penggunaan dana Desa namun di Kabupaten Inhu, Riau masih banyak ditemukan Kepala Desa (Kades) yang dengan sengaja menutupi-menutupi penggunaan anggaran desa.

“Menteri Desa dan Bupati telah mewajibkan Kades untuk pasang Baliho Dana Desa, Namun di Kabupaten Inhu Desa yang pasang Baliho penggunaan dana desa dapat di hitung dengan jari kelingking, Di Inhu desa sebanyak 178 Desa terdiri dari 12 kecamatan.

“Namun secara global yang disebut atau di umumkan dapat dihitung dengan jari, Selain itu saat dikonfirmasi tentang penggunaan dana desa masih banyak oknum Kades yang berbelit belit memberikan keterangan penggunaan Dana Desa,” terang Jumadi akvitis LSM TOPAN RI (Versi-Budiman)

Bahkan terkadang oknum Kades berdalih rugilah, tekorlah, di pekerjaan yang sudah disepakati dan disetujui ditingkat atas.

“Lucunya saat saya mau lihat RAB dari jenis kerjaanya bahkan saya tantang hitung hitungan, banyak alasan lagi, ia mengatakan, ini tidak boleh orang sembarangan tahu, jadi dimana letak transfaran dana itu, jika masih ditutup-tutupi”,jelas Jumadi.

Menurut saya pada Intinya tidak ada tekor kerjaan yang mengunakan Dana Desa, Jika pun itu ada hanya akal-akalan oknum Kades saja untuk mencari keuntungan memperkaya diri.

Tidak berani secara detail memberikan rincian RAB setiap pekerjaan. Setiap pekerjaan mengunakan Dana Desa sudah memperoleh keuntungan rata rata 10 hingga 15 persen.

Jika ada oknum Kades yang membantah terhadap apa yang saya sampaikan silakan cariin saya, karena semua ini berdasarkan pengalaman yang nyata dan fakta.(Iin)




Tinggalkan Balasan