Warga Keluhkan SPAM Tidak Menyentuh Daerah Nipah Panjang,Jambi

SOROTKASUSNEWS.NET-Warga Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjang Jabung Timur provinsi Jambi yang terletak dikawasan pasar Nipah Panjang sangat mengharapkan masuknya Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM )ke pemukiman warga yang berdomisili di kawasan Pasar Nipah Panjang dan sekitarnya.Sementara daerah lain yang masih di wilayah kecamatan Nipah Panjang telah di aliri Air Bersih,beberapa tahun belakangan ini.

Pasalnya,sebelumnya tahun 1980 an Aliran Air Bersih di wilayah pasar Nipah Panjang ini sudah berjalan normal.Akan tetapi sejak tahun 1989 sampai saat ini tidak bisa di nikmati warga yang bermukim di sekitar wilayah pasar yang ada di kecamatan Nipah Panjang lagi.

Ifal salah satu warga,saat di konfirmasi awak media sorotkasusnews.net,Rabu (12/6/19)mengharapkan agar pemerintah lebih memperhatikan permasalahan air bersih ini untuk wilayah pasar Nipah Panjang. Mengingat kepadatan rumah di pasar membuat warga sulit untuk mencari lokasi pembuatan sumur.

“Seandainya pun itu di lakukan tentu air limbah dari rumah tangga akan ikut masuk kedalam sumur,terlebih pada Air sungsi Batang Hari,yang kondisinya sangat memprihatinkan terkait kebersihannya, maka dari itu kami warga pasar Nipah panjang sangat mengharapkan Aliran Air Bersih dapat tersalurkan dengan maksimal,seperti wilayah lain yang ada di kecamatan Nipah panjang yang telah tersentuh Sistem penyediaan Air Minum(SPAM)”,keluh Ifal

Di tempat terpisah,Mael (38) tahun Warga Jalan Suryadi pasar Nipah Panjang saat di konfirmasi mengharapkan hal yang sama,agar Aliran air Bersih bisa di nikmati warga pasar Nipah Panjang.

“Mengingat air Sungai Batang hari sudah kurang baik untuk di gunakan dalam aktivitas rumah tangga,seperti yang di alaminya tiga bulan belakangan ini,sering mengalami gatal gatal,karena memang air sungai batang hari diduga suda tercemari limbah industri dan maraknya warga mebuang sampah ke aliran sungai”,keluhnya

“Harapan kami warga pasar Nipah Panjang, kalau memang aliran air bersih ini belum masuk ke wilayah pasar,meski santer digadang gadang telah dialirkan melalui Zona II Rantau Rasau – Nipah Panjang Mampu mencukupi kebutuhan Air bersih namun belum pernah sampai instalasi nya kerumah rumah warga yang ada di kawasan pasar Nipah Panjang.

“Padahal dengan keberadaan Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM ) sangat membatu aktifitas pasar dan kebutuhan rumah tangga,mengingat pasar Nipah Panjang adalah ibukota kecamatan tertua”,jelas Wak Leam sapaan sehari-hari Mael

Lanjut Wak Leam,harapan kami mengingat air bersih belum mampu menyentuh wilayah pemukiman pasar,kiranya pemerintah setempat mampu menghimbau warga pasar dan sekitarnya untuk sama sama menjaga kebersihan sungai Batang Hari,dengan tidak membuang sampah dan kulit pinang ke aliran sungai.

“Kasihan , warga yang menggunakan air Sungai batang hari untuk kebutuhan rumah tangga sehari hari”,tutupnya. (Ariono/Ric/Muchtar)




Tinggalkan Balasan