Hanya Jarak Ratusan Meter Dari Kantor Polsek, SPBU Simpang Pulai Ukui Bebas Isi Jerigen

SOROTKASUSNEWS.NET-Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terletak di Simpang Pulai yang hanya berjarak ratusan meter dari Kantor Polsek Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, Riau bebas melayani pengisian jerigen.

Pantauan awak media tepatnya pada hari Sabtu (15/6/2019) malam sekitar pukul 23.00 wib terlihat puluhan jerigen berjejer di pompa BBM jenis Solar. Aktifitas pengisian jerigen berjalan mulus tanpa tersentuh penegak hukum sekalipun jarak SPBU dengan Polsek Ukui lebih kurang 300 meter.

Kuat dugaan minyak solar subsidi yang diambil dari SPBU Simpang Pulai Ukui itu di jual keperusahan yang ada di daerah tersebut.

Salah seorang warga yang berhasil di temui saat dimintai keterangan mengatakan,” Aktifitas pengisian jerigen di SPBU itu sudah lama bang, Tidak hanya malam mereka melakukan pengisian jerigen, kadang siang pun mereka melayani pengisian jerigen,” kata warga yang enggan di sebut nama nya.

“Malam ini tergolong sedikit dibandingkan malam-malam lainnya, Biasanya ada yang pakai mobil Pick-up,”pungkasnya.

Terpisah pratisi hukum, Arion SH mengatakan,” SPBU yang melayani jerigen melanggar Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 18 Tahun 2011 tentang Kegiatan Penyaluran Bahan Bakar Minyak.

Dalam aturan tersebut dinyatakan dengan tegas bahwa pihak SPBU tidak dibenarkan menjual bahan bakar jenis premium dan solar secara eceran dengan menggunakan jerigen.

Seperti diketahui berdasarkan UU no 21 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dilarang keras menjual bahan bakar premium dan solar secara eceran. Dan dalam pasal 55 UU migas disebutkan bahwa orang yang menjual bensin secara ilegal akan dihukum. Tak tanggung-tanggung, hukuman yang menghantui para penjual bensin eceran bisa berupa denda sebesar Rp 6 miliar dan kurungan selama enam tahun.(Heri)




Tinggalkan Balasan