Enam Terdakwa Pengelembuan Suara Dituntut Berbeda

SOROTKASUSNEWS.NET-Sidang pengelembungan suara pada caleg PPP pemilu 2019 terus digelar di Pengadilan Negeri (PN) Rengat Kabupaten Inhu, Riau, Sidang hari ini Jumat (27/6/2019) pembacaan tuntutan terhadap 6 terdakwa. Terdakwa Randa dan Ridwan ketua PPK Rengat, Masnur ketua Panwas Rengat, Doni Rinaldi caleg PPP dan Sovia Warman Komisioner Bawaslu.

Tuntutan ke 6 terdakwa pengelembungan suara dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Vidi Edwin Siahaan SH, Jimmy Manurung SH dan Febri Simamora SH.

Terdakwa satu Randa dan terdakwa kedua Masnur dituntut 2 bulan dengan denda 8 juta dengan subider 1 bulan.Terdakwa ketiga Doni Rinaldi dituntut 2 bulan dengan denda 8 juta dan subsider 1 bulan dan terdakwa keemapat Riduan dituntut 2 bulan dengan denda 8 juta dan subsider 1 bulan.

“Sementara terdakwa Sovia Warman dituntut 5 bulan dengan denda 16 juta dan subsider 2 bulan. Hal yang memberatkan karena terdakwa berbelit-belit saat pemberian keterangan dalam persidangan”,terang JPU.

Keenam terdakwa di kenakkan undang-undang tentang pelanggaran pemilu pasal 532.

Sementara itu Kuasa Hukum Sovia Warman, Dody Fernando SH MH dan Yeni Darwis mengatakan,” Kita akan mengajukan pembelahan (Pledoe) pada hari Senin (1/7/2019). Menurut kita tuntutan JPU terkesan memkasakan diri dan tuntutan terhadap Sovia Warman terjadi depritas, yang seharusnya dituntut tinggi adalah Doni Rinaldi dan bukan Sovia Warman.

Karna dalam perkara ini Doni Rinaldi adalah peran utama dan seharusnya dituntut lebih tinggi dari 5 terdakwa lainnnya. (HR)




Tinggalkan Balasan