Menlu Iran Di Undang Ke Gedung Putih

Sorotkasusnews.net – Washington : Presiden Donald Trump, pada bulan lalu telah mengundang Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif ke Gedung Putih di tengah ketegangan antara kedua negara tersebut.

Undangan, yang disampaikan oleh Senator Rand Paul atas izin dari presiden Trump untuk mengatur pertemuan dengan Zarif , untuk berunding di gedung putih New York dengan Donal Trump.

Zarif mengatakan bahwa ia tidak ingin pertemuan di Gedung Putih hanya menghasilkan foto dan hanya memuat pernyataan saja.

Sementara itu baik Gedung Putih maupun Departemen Luar Negeri tidak menanggapi permintaan komentar atas laporan tersebut, yang mengutip sumber – sumber AS dan Iran sebagai diplomat yang memiliki posisi yang baik.

Presiden Trump beberapa kali di depan umum mengatakan bahwa ia bersedia melakukan pembicaraan dengan Iran bahkan ketika ia mengecam Teheran sebagai rezim yang korup, tidak kompeten, dan berbahaya yang komerupakan ancaman terhadap keamanan regional dan kepentingan AS.

Tahun lalu Trump menarik AS dari kesepakatan internasional yang dirancang untuk mengekang program nuklir Iran, dan telah menerapkan kembali sanksi terhadap Iran. Bahkan mereka menjatuhkan sanksi kepada Zarif minggu lalu dalam upaya untuk memaksa rezim Teheran untuk menegosiasikan kembali perjanjian.

Ketegangan melonjak di Teluk Persia pada Juni dan Juli di tengah serangan terhadap kapal tanker minyak, Iran menjatuhkan pesawat tak berawak pengawasan AS dan setelah AS mengatakan telah menjatuhkan pesawat tanpa awak Iran.

Trump mengatakan serangan terhadap drone AS mendorongnya untuk memerintahkan serangan militer sebagai tanggapan, hanya untuk membatalkannya pada menit terakhir. (Skn/net)




Tinggalkan Balasan