Cabuli Anak Dibawah Umur dan Cacat Mental, Sadar Dituntut 12 Tahun Penjara

SOROTKASUSNEWS.NET – Terdakwa Sadar (56) warga Kecamatan Seberida dituntut 12 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas perbuatan mencabuli anak dibawah umur dan cacat mental beberapa bulan lalu. Sidang tuntutan tadi Rabu (12/9/2019) di Ruang Cakra Pengadilan Negeri Kabupaten Inhu, Riau.

“Ia terdakwa Sadar alias Pak De telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana, Setiap orang dilarang melakukan kekerasan atau ancaman memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain. Diancam pidana dalam Pasal 81 Ayat (1) UU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang pelindungan anak.”kata Penasehat Hukum terdakwa Yeni Darwis SH.

JPU menjatuhkan pidana terhadap ia terdakwa Sadar alias Pak De dengan pidana penjara selama 12 tahun dikurangi dengan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa.

Selain menuntut 12 tahun, JPU juga menjatuhkan pidana denda terhadap ia terdakwa sebesar Rp 100 juta dengan ketentuan, Apabila dalam 1 bulan sejak putusan perkara ini berkekuatan hukum tetap pada terdakwa tidak membayar denda tersebut, maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan.”singkat Yeni Darwis SH.

Humas PN Kabupaten Inhu, Immanuel MP Sirait SH MH dikonfirmasi membenarkan tuntutan terdakwa Sadar alias Pak De 12 tahun. Benar, terdakwa Sadar alias Pak De dituntut 12 tahun penjara oleh JPU.

Sidang kembali digelar pada Rabu depan tanggal (18/9/2019) dengan agenda sidang keputusan.”pungkas Humas PN.(Jumadi)




Tinggalkan Balasan