Lagi, Kodim 0302 Inhu Tangkap Pelaku Karhutla di Inhu

SOROTKASUSNEWS NET- Komandan kodim (Dandim) 0302 Inhu Letkol Arh Hendra Roza Sip, memerintahkan seluruh personil TNI di wilayah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) dan Kuansing untuk melakukan pemadaman titik api pada lahan dan hutan yang terbakar. Selain memadamkan titik api Dandim juga memerintahkan personil untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku pembakaran lahan.

Dandim 0302 Inhu, Letkol Arh Hendra Roza Sip kepada Sorotkasusnews.net Ahad (22/9/2019) mengatakan,” pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019 pukul 09.30 Wib bertempat di Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal telah dilakukan penangkapan seorang warga yang diduga dengan sengaja melakukan pembakaran lahan.

Warga tersebut ditangkap oleh Tim 8 Karhutla
Subsatgas 2 Kodim 0302 / Inhu bersama BKO Yonif 131 / BS (Braja Sakti),”paparnya.

Kronologis kejadian, Tim 8 Karhutla,Subsatgas 2 Kodim 0302 / Inhu melaksanakan Patroli di Wilayah Desa Penyaguan Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu dan menemukan Titik Api yang telah terbakar pada hari Jumat tanggal 20 September 2019.

Kemudian Dantim memberikan perintah kepada Anggota Babinsa bersama BKO Yonif 131 / BS ( Braja Sakti ) untuk melaksanakan Pengintaian sampai pagi.

Dan pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019 pukul 09.30 Wib saudara Masguntoro yang diduga pelaku mendatangi lokasi terbakar, Tim langsung mendatangi Masguntoro, setelah dilakukan Interogasi singkat dilapangan oleh Tim 8 Karhutla Satgas 2 Dim 0302 / Inhu bersama BKO Yonif 131 / BS ( Braja Sakti ).

Masguntoro mengakui bahwa yang melakukan pembakaran dengan dia sendiri dengan alasan membakar sarang tawon kemudian sampai terbakar lahan tersebut.

“Tim 8 Karhutla melaporkan kejadian tersebut kepada Danramil 03 / Seberida Kapten Inf PT. Situmorang,”paparnya lagi.

Ada pun Identitas pelaku, Masguntoro Bin Tasjo (20), Agama Islam, Alamat . RT 03 / RW 04 Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu dan Pekerjaan Tani.

Sementara hasil Interogasi dilapangan, Pelaku Sengaja membakar tumpukan daun kering menggunakan korek api gas ( mancis merk Afta SNI ) sehingga api cepat membakar lahan tersebut dan luas lahan yang terbakar lebih kurang 2 Ha

Titik api di lokasi kebakaran lahan sudah dipadamkan oleh Tim 8 Karhutla Subsatgas 2.Dim 0302 Inhu bersama BKO Yonif 131 / BS ( Braja Sakti ) dibantu masyarakat setempat dan Security PT. Palma dengan peralatan Mesin Robin milik PT. Palma sebanyak 2 Unit.***HR




Tinggalkan Balasan