Karhutla di PT Tugu Palma Sumatra Semakin Meluas

SOROTKASUSNEWS.NET – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) milik kebun PT Tugu Palma Sumatra Desa Payarumbai Kecamatan Seberida, Kabupaten Inhu, Riau semakin meluas, Hari ini kamis (26/9/2019) lebih kurang 100 Ha.

Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza Sip saat dikonfirmasi membenarkan, Benar, Karhutla di kebun milik PT Tugu Palma Sumatra semakin meluas menjadi 6 blok dengan luasan lebih kurang 100 Ha.

“Alhamdulillah berkat kerjasama tim pada hari ini tidak ada lagi titik api, saat ini tinggal melakukan pendinginan, Namun bagaimana pun kita tetap waspada, karena ditakutkan masih ada api yang tersisah”,kata Letkol Arh Hendra Roza Sip melalu sambungan via seluler.

Sebelumnya, Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza melalui pesan singkat WahstApp kepada Sorotkasusnews.net mengatakan, telah ditemukan titik api di wilayah tim 3 Sub Satgas Gab II pada Selasa 24 Sept 2019 di lahan sawit milik PT Tugu Palma Sumatra Desa Payarumbai, Kecamatan Seberida Kabupaten Inhu. Luas lahan terbakar lebih kurang 60 ha sepanjang blok K5 dan J5.

“Api hingga kini belum dapat di padamkan. Team Satgas berserta MPA masih berusaha melakukan pemadaman titik api dengan cara menyekat agar tidak meluas,” kata Dandim.

Dalam pencegahan dan pemadaman Karhutla di lahan sawit milik PT Tugu Palma Sumatra ini dilibatkan personil TNI 7 orang, Polri 5 orang KPBD 2 orang, MPA 10 orang. Sedangkan untuk peralatan kendaraan roda dua 15 unit, Mesin Robin 1 unit dan mesin mini Strake 1 unit.

“Kendala pemadaman, sumber air minim, angin kencang tidak terarah dan perusahan PT Tugu Palma Sumatra tidak memiliki peralatan pemadaman dan dibiarkan lahan itu kebakar,”papar Dandim.(Iin)




Tinggalkan Balasan