Hari Kopi Internasional,Jambi Pecahkan Rekor Muri

SOROTKASUSNEWS.NET-Dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional,Jambi sebagai salah satu provinsi penghasil kopi menoreh prestasi nasional. Jambi tercatat pemecah rekor Muri,Selasa (01/10/19).Pemecahan Rekor Muri Minum kopi Seduh 3000 Cangkir merupakan perpaduan Seduh 3 Jenis kopi Arabika,Leberika dan Robusta.
Tiga jenis kopi yang berbeda ini,diseduh secara bersamaan

Ketua Dewan Kopi Indonesia,Anton Aprianto mengatakan, acara peringatan Hari Kopi Internasional ini di gelar dengan memecahkan rekor Muri bisa menjadi ajang promosi bagi Jambi sekaligus mengangkat potensi kopi. Selain itu, peringatan hari kopi ini juga menjadi momentum untuk lebih mengenalkan kopi Indonesia, khususnya Jambi. 

“Jambi memiliki kopi yang sudah mulai dikenal, yaitu Arabika Kerinci. Kopi ini punya rasa terbaik sehingga masyarakat Jambi harus didorong supaya lebih mengetahui lagi tentang kopi di Jambi,” kata Anton

“Penyelenggaraan Hari Kopi Internasional ini menjadi peluang untuk Jambi dalam mengenalkan jenis kopi. Sebab, Jambi sendiri merupakan, satu-satunya provinsi yang memiliki tiga varian kopi berbeda”,tambah Anton

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi Ariansyah, mengatakan, tiga jenis kopi yang dimiliki Jambi saat ini seperti jenis Arabika Kerinci dan Sungaipenuh, Robusta di Merangin dan Liberika di Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. 

Kopi jenis Arabika di Jambi hanya tumbuh di wilayah dataran tinggi di Kerinci dengan ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut (MDPL). Sedangkan jenis Robusta tumbuh di wilayah Kabupaten Merangin yang merupakan daerah dataran sedang dengan ketinggian rata-rata 800 MDPL.

Sementara itu jenis kopi Liberika hanya tumbuh di dataran rendah atau di lahan gambut di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur dengan ketinggian 0-100 MDPL.

“Saat ini minuman kopi sudah menjadi tren bagi masyarakat Jambi, khususnya kawula muda. kedai-kedai pun bertumbuh pesat di Kota Jambi,” kata Ariansyah.(Ric)




Tinggalkan Balasan