Di Areal Bekas Karhutla Yang Disegel Gakkum KLHK RI Sudah Ditanami Kelapa Sawit

SOROTKASUSNEWS.NET-Walau pun sudah ada dipasang papan pengumuman dilarang melakukan kegiatan didalam areal oleh petugas penegak hukum kementrian lingkungan hidup kehutanan (KLHK) Republik Indinesia.

Sekalipun ancaman pidana bagi yang melakukan aktivitas diareal tersebut paling lama 2 tahun 8 bulan (Pasal 232 ayat 1 KUHP) tidak membuat perusahan atau oknum masyarakat takut.

Pantauan media, dilokasi itu ditemukan ratusan bibit kelapa sawit yang siap ditanam dan sejumlah bibit kelapa sawit yang sudah ditanam didalam lokasi yang disegel Gakkum KLHK RI.

Selain temukan bibit kelapa sawit yang sudah ditanam, Media juga menemukan satu unit alat berat jenis Bul Doser tanpa operator. Alat berat tersebut berjarak lebih kurang 700 meter dari titik lokasi yang disegel pihak Gakkum KLHK RI. Dan posisi alat berat tersebut saat itu mengarah kedalam lokasi yang disegel Gakkum KLHK RI.

Lokasi penemuan bibit kelapa sawit dan Satu Unit Bul Doser tersebut berada diwilayah antara Desa Putih Anai dan Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Sementara menurut keterangan dari beberapa warga sekitar yang dapat dijumpai Media dan tidak mau disebutkan namanya mengatakan,” Bahwa lahan yang dipasang papan pengumuman oleh Gakkum KLHK RI itu diduga berada dilahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Perkebunan kelapa sawit Arvena Sepakat yang terbakar beberapa waktu lalu.

Ditanya, Siapa yang tanam bibit kelapa sawit dan alat berat milik siapa yang ada diareal tersebut,” Maaf, bang, saya tidak tahu siapa yang menanam kelapa sawit dan juga saya tidak tahu itu alat berat milik siapa.”singkatnya.

Camat Batang Cenaku, Sarman S.Sos saat dikonfirmasi mengatakan,” Sampai sejahu ini saya selaku camat Batang Cenaku tidak perna di beritahu adanya pemasangan papan pengumuman yang dipasang oleh Tim Gakkum KLHK RI diareal bekas terbakar di desa Putih Anai dan Desa Aur Cina yang disebutkan tadi.”singkatnya.

Hingga berita ini dimuat Tim Gakkum Balai ll Sumatera dan pihak PT Arvena Sepakat belum dapat dimintai keterangan. Tim sedang berupaya mencari nomor person tim Gakkum Balai ll Sumatera dan pihak PT Arvena Sepakat,**HR




Tinggalkan Balasan