Program Pamsimas III Desa Suka Maju Ajang Penghamburan Anggaran

Sorot Kasus News – Batu Bara : Progam Pamsimas III (Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Desa suka maju Kecamatan tanjung tiram Kabupaten Batu bara menuai polemik.

Pasalnya, banyak kalangan menilai Pamsimas tersebut tidak tepat sasaran dan terkesan hanya memghamburkan anggaran saja.

Kegiatan tersebut telah menelan anggaran senilai Rp.350,000,000,- yang bersumber dana dari APBN, In Kind ( Swadaya Masyarakat ) Berupa Tenaga/Bahan, In Cash (Swadaya Masyarakat ) Berupa Uang Tunai. dan APBDES Tahun 2020.

Nomor kontrak : 03/PKS/PIP/TM/Pamsimas/BB/X/2019
Berlokasi di Desa Suka Maju Dusun IV Gg Setia, Waktu Pelaksanaan 90 hari Kelender Kerja, yang sampai saat ini terlihat mangkrak.

Menurut Pejabat Sementara (Pjs) Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram, Irmansyah Putra saat ditemui di kantor pemerintahan desa. (06/1)

Beliau mengaku tidak mengetahui kondisi penanganan Program Pamsimas III itu adalah ketua KKM Maju Bersama yang bernama Bahri, dan koordinatornya.

“Saya bahkan tidak mengetahui kalau ketua KKM Maju Bersama itu diketui Bahri, dan kordinatornya Iyan ” Cetus Pjs Desa Suka Maju.

Pembangunan Pamsimas seharus sudah selesai akhir tahun 2019, namun sampai saat ini tahun 2020 belum juga selesai.

Terkait waktu pengerjaan yang sudah lewat batas, tokoh masyarakat sekitar dan warga sangat menyayangkan hal tersebut.

” Program Pamsimas ya mangkrak seperti itu, gak tau entah apa sasarannya, yang anehnya pembangunan nya juga telah melewati batas dari perencanaan ” Sebut salah satu tokoh masyarakat yang namanya tak ingin di beritakan.

Selain itu, banyak pihak juga menyoroti pembangunan Pamsimas yang dilaksanakan diduga menyimpang, tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Padahal anggaran yang disiapkan untuk Pamsimas tidak sedikit.

Ia menambahkan, semua program itu harusnya ada perencanaan dan pengelolaannya. Jika Proyek itu gagal, mestinya langsung berhenti, lalu dicari sumber masalah serta solusinya.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP menegaskan agar Program PAMSIMAS dikerjakan dengan baik dan yang sudah selesai dikerjakan jangan sampai terlantar.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.Ap yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Radiansyah, S.Sos, Camat Sei Suka Aidil, dan Ketua TBUPP Drs. Syaiful Syafri, MM dalam Temu Wicara Anggota Asosiasi PAMSIMAS yang dipimpin Ketuanya Ponimin, Wakil Ketua Ngatino, Bendahara Suprapto dan puluhan anggota, beberapa waktu yang lalu di Aula Kantor Camat Sei Suka di Tanjung Gading. (11/1)

“Saya tidak mau setiap program kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan air bersih dan sanitasi tidak memberi kesejahteraan pada masyarakat Kabupaten Batu Bara ” tegas Zahir.

Sementara itu Ponimin menjelaskan kepada Bupati Batu Bara Zahir bahwa Rencana Pembangunan Air Bersih dan Sanitasi sedang disusun untuk Desa Jati Mulia, Sei Rakyat, Tanah Hitam Hilir, Pasir Permit, Desa Suka Maju, Desa Bagan Dalam, Durian, Perupuk dan Desa Suka Raja. (Uc / Skn)




Tinggalkan Balasan