Hasil Uji Laboratorium Sungai Binio Tidak Tercemar Limbah PMKS PT MAS

SOROTKASUSNEWS.NET-Hasil uji laboratorium terungkap bahwa Sungai Binio di Desa Kota Medan, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Inhu, Riau tidak tercemar limbah cair pabrik kelapa minyak sawit (PMKS) PT Mitra Agung Swadaya (MAS),Tak berbahaya dan berada di bawah baku mutu.

Sampel limbah cair diambil 9 Januari 2020 dari titik koordinat Sungai Benio, Desa Kota Medan, Dari hasil uji labor tersebut tidak ditemukan pencemaran limbah dari PT MAS.

“Keterangan hasil uji labor sudah disampaikan pada rapat di kantor Dinas Lingkungan Hudup (DLH) pada Kamis (13/2/2020) lalu yang dihadiri Kepala Desa Kota Medan, Kepala Desa Sungai Golang, Camat Kelayang, manajemen PT MAS dan anggota Komisi III DPRD Inhu,” terang Kepala DLH Inhu Ir Selamat MM, Selasa (18/2/2020).

Dijelaskan Ir Selamat, isue mengenai pencemaran Sungai Benio di Desa Kota Medan kini sudah terjawab. Bahwa ikan yang mati di Sungai Benio bukan akibat limbah cair PMKS PT MAS.

Namun DLH Inhu tetap menyurati PMKS PT MAS, dimana salah satu poinnya adalah perusahaan harus melakukan pemisahaan penampungan air hujan dengan air cucian pabrik agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Legal PMKS PT MAS Ardan melalui via selulernya mengatakan,” binaan perusahaan ada empat desa dan terus diperhatikan sejak tahun 2013. Usaha binaan tersebut terus dibantu melalui program CSR, seperti membangun sumur kapasitas 10 ton per jam dan bantuan lainnya dengan mempekerjakan masyarakat lokal sesuai skill masing-masing.

Terkait limbah cair, managemen PMKS PT MAS selalu waspada dan terus melakukan pembenahan. Dimana perusahaan menggunakan alat pengelolaan limbah cair, karena kita berkomitmen menjaga lingkungan dan tidak merugikan masyarakat sekitar.

“PT MAS tetap komitmen mematuhi aturan sesuai izin yang dikantongi perusahaan,”pungkasnya.**HR




Tinggalkan Balasan