Dinsos Inhu Diminta Turun Dan Data Ulang Program RLH dan BSPS Untuk Warga Kurang Mampu

SOROTKASUSNEWS.NET-||Sehubungan masih banyak warga kurang mampu yang belum mendapat program Rumah Layak Huni (RLH) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ketua komisi lV DPRD Kabupaten Inhu, Riau meminta Dinas Sosial (Dinsos) turun dan data ulang warga kurang mampu.

“Untuk program RLH dan BSPS tahun kemarin ada, untuk tahun ini mungkin tidak ada dan untuk RLH dan BSPS ini adalah program dari pemerintah pusat. Program pusat ini harus diusulkan dari bawah.”terang Suharyanto ketua komisi lV DPRD Inhu.

“Ditanya, bisa tidak APBD Inhu atau dana ADD untuk program RLH dan BSPS demi untuk kesejahtraan masyarakat Inhu. Kalau untuk dana ADD saya kurang tahu, boleh apa tidak untuk program RLH atau BSPS. Sedangkan untuk APBD daerah selama ini belum ada yang saya tahu.”jawab ketua komisi lV.

Program RLH dan BSPS itu yang ada dari pusat, itupun yang dapat betul-betul orang miskin yang terdata di kementrian sosial.

Untuk data warga miskin itu semua adalah dari desa dan desa lah yang memutuskan layak tidak warga itu mendapatkan program RLH atau BSPS dan setelah itu desa menyerahkan kedinas sosial kabupaten.

Dinas kabupaten nantilah yang mengoper lagi kepusat. Contoh yang dulu miskin sekarang sudah mampu itu bisa dikeluarkan dan itu pun keputusan dari desa.

“Dengan masih adanya warga miskin yang belum mendapat program RLH dan BSPS, kita berharap pihak Desa, Kelurahan dan Dinsos mendata ulang secara benar dan jangan menggunakan data lama. Dengan menggunakan data lama tanpa mendata ulang apalagi tanpa turun kelapangan itu artinya menerima gaji buta.”pungkas Ketua Komisi lV.

Terpisah Bhabinkamtibmas Ripal SH MH dikonfirmasi mengatakan,” Insya Allah dalam waktu dekat ini kita bersama awak media akan melakukan perbaikan rumah ibu Marini warga Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu dengan dana swadaya.

Untuk saat ini dana yang udah terkumpul yakni, Semen 30 sak dari PT TPP, Broti dari pak Egon dan Bento, Rp 200 dari anggota DPRD Inhu Bayu Nofyandri Surbakti dan RP 1 juta dari PT Trader Indragiri Grup.

Bagi donatur yang ingin menyumbang untuk perbaikan rumah ibu Marini dapat hubungi nomor saya 081276951634 atau nomor 082286921900,”pungkas Bhabinkamtibmas Ripal.

Sementara itu Kadis Dinas Sosial Drs Nursisman dan Plt PMD Inhu Haris saat dikonfirmasi melalui via seluler tidak ada yang dijawab hingga berita ini dimuat,***HR




Tinggalkan Balasan